Bahaya pemakaian lensa kontak, dari infeksi hingga kebutaan

Bahaya pemakaian lensa kontak, dari infeksi hingga kebutaan

Saat ini jumlah pemakai lensa kontak terus bertambah dari hari ke hari. Alasannya, lensa kontak memberikan kemudahan bagi pemakainya dalam mengatasi gangguan mata minus tanpa harus memakai kaca mata yang dianggap tidak praktis dan mengurangi kecantikan. Belum lagi ditambah dengan menjamurnya lensa kontak berwarna-warni yang dianggap dapat menambah kecantikan, maka bahkan orang yang tidak memiliki gangguan mata pun memilih untuk mengenakan lensa kontak.

Well, fenomena tersebut memang sah-sah saja. Namun hal penting yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan dari lensa kontak beserta wadahnya. Sebab diakui atau tidak, para pemakai lensa kontak jarang untuk memperhatikannya. Mereka juga cenderung untuk terus memakai lensa kontak dengan jangka waktu lebih dari 8 jam seperti yang dianjurkan, bahkan masih memakainya saat mandi atau tidur. Lantas bahaya apa saja yang bisa dihasilkan dari kebiasaan buruk ini?

Dilansir dari dailymail.co.uk, kebiasaan buruk seperti jarang mengganti lensa kontak atau memakai lensa kontak dalam waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi mata yang berpotensi merugikan seperti keratitis. "Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata yang menyebabkan kebutaan," tulis penelitian ini. "Hampir dari sepertiga pemakai lensa kontak mengaku bahwa mereka pernah pergi ke dokter mata demi menyembuhkan gangguan ini."

"Tak hanya itu saja, sekitar 8 dari 10 orang mengaku pernah membersihkan lensa kontak mereka dengan air keran. Padahal tahukah Anda bahwa perilaku ini akan membuat risiko infeksi mata meningkat sebab air keran sendiri mengandung jutaan mikro-organisme yang hidup di dalamnya. Hal ini berlaku pula jika Anda memakai lensa kontak Anda untuk berenang. Sebab bakteri akan bersembunyi di balik lensa kontak Anda yang kemudian dapat menyebabkan infeksi."

"Keratitis juga dapat disebabkan karena goresan dari kuku saat Anda memasukkan dan mengambil lensa kontak dari wadahnya."

Jadi, hal apa saja yang harus diperhatikan oleh pemakai lensa kontak?

• Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir kemudian keringkan dengan benar sebelum menyentuh lensa kontak.

• Selalu lepas lensa kontak sebelum Anda mandi, tidur, atau berenang

• Selalu bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus pembersih lensa kontak. Jangan pernah membersihkannya dengan air keran biasa.

• Saat menyimpan lensa kontak, letakkan posisi lensa kontak dengan bagian cekung berada di bawah. Sehingga air lensa kontak akan merendamnya. Hal ini untuk mencegah lensa kontak Anda mengalami kekeringan.