Bahaya ! Pembungkus Kertas dan Plastik Untuk Makanan

Bahaya ! Pembungkus Kertas dan Plastik Untuk Makanan

Wingamers – Kebersihan makanan harus dinomer satukan. Dari segi bahannya hingga kemasannya. kebersihan tempat membungkus makanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Meski tak layak digunakan untuk pembungkus makanan, tapi masih banyak yang menggunakan kantung plastik hitam dan kertas bekas.

Mustofa, Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengatakan bahwa pembungkus makanan tersebut mungkin mengandung bahan yang berbahaya.

Menurut Mustofa, bisa saja plastik tersebut dibuat dari sisa plastik pembuangan dari rumah sakit yang mengandung banyak virus dan bakteri. Namun, ia mengatakan saat ini penggunaan plastik hitam sudah berkurang. Pedagang maupun masyarakat sudah banyak beralih menggunakan plastik bening. Tidak hanya penggunaan plastik hitam yang dilarang. Penggunaan kertas bekas sebagai wadah makanan juga ternyata tidak baik untuk kesehatan. Biasanya, kertas bekas sering menjadi wadah gorengan.

Kepala Bidang SD dan PLB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Kanti Herawati mengatakan penggunaan kertas bekas untuk gorengan berbahaya. Tinta yang masih terdapat dalam kertas akan mengeluarkan senyawa berbahaya jika terkena panas.