Bahayanya Banyak Makan Permen

Bahayanya Banyak Makan Permen

Permen mengandung gula instan, padahal penelitian telah menunjukkan bahwa gula instan tidak baik bagi tubuh.

Dan juga penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan kadar gula tinggi memiliki asupan terendah nutrisi penting seperti vitamin A, C, B-12, asam folat , kalsium, fosfor, magnesium dan zat besi.

Berikut adalah beberapa efek berbahaya dari terlalu banyak makan permen.

1. Gigi rusak

Saat makan Anda biasanya pasti mengunyahnya terlebih dahulu baru menelannya. Berbeda dengan permen, Anda akan menghisapnya tanpa henti. Akibatnya gigi Anda bermandikan gula. Karena gula mudah dicerna, bakteri bisa berkembang biak dengan cepat. Bakteri-bakteri ini bisa menjadi faktor berbagai masalah gigi yang meliputi erosi enamel, penyakit gusi dan kerusakan gigi.

2. Kadar gula darah Anda akan naik turun

Makan permen menyebabkan kadar gula darah langsung meningkat namun setelah itu akan turun lagi secara drastis. Kejadian ini bisa menyebabkan perubahan suasana hati, rasa cemas, kelelahan, sakit kepala dan selalu ingin makan yang manis-manis lagi dan lagi.

3. Merusak kekebalan tubuh

Organisme seperti bakteri dan ragi berkembang pada gula, sehingga makan banyak permen dapat menyebabkan mereka berkembang biak secara tidak proporsional, dan hasilnya Anda lebih mungkin untuk sering jatuh sakit.

4. Merusak hati (liver)

Sebelum gula memasuki aliran darah Anda, mereka melewati hati dan baru mengelompokkannya. Jika Anda makan banyak permen, hati Anda harus bekerja lembur untuk memproses gula dan mengubahnya menjadi lemak. Seiring waktu, beberapa partikel lemak terjebak dalam hati Anda.

5. Menyebabkan obesitas

Ukurannya yang mungil membuat Anda tidak menyadari berapa banyak yang sudah Anda makan. Permen berisi kalori kosong yang bisa dicerna cepat dengan menggunakan mineral dalam tubuh Anda selama proses pencernaan. Permen juga tidak memiliki protein, lemak sehat, vitamin, mineral atau enzim. Mengunyak permen terus-menerus bisa membuat Anda gampang gemuk.

6. Insulin tidak bekerja dengan baik

Insulin adalah hormon yang memungkinkan glukosa (gula darah) untuk memasuki sel-sel dari aliran darah. Makan terlalu banyak gula dapat mencegah insulin bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin, dan dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan seperti sindrom metabolik, obesitas, penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

7. Membuat kecanduan

Gula adalah seperti obat, karena mengaktifkan pusat reward di otak, sehingga begitu adiktif. Tidak seperti makanan alami, makan gula seperti permen memicu pelepasan sejumlah besar dopamin, yang mengarah ke arah mengidam dan kecanduan.