Baikkah Berolahraga Saat Perut Kosong?

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Baikkah Berolahraga Saat Perut Kosong? ilustrasi (sumber: runstatic.com)

Winnetnews.com -  Berolahraga ketika perut kosong sangatlah tidak mudah. Bukan hanya merasa lapar, tapi juga karena kurangnya energi dalam tubuh kita. Ada beberapa pro-kontra, apakah seseorang boleh melakukan olahraga dengan perut kosong atau tidak? Apakah akan membakar lemak? Atau malah baik untuk metabolisme?

Dilansir dari Cosmopilitan, "Ada manfaat dari berolahraga dengan perut kosong. Namun, itu harus disesuaikan dengan individu itu sendiri dan goal yang ingin mereka capai," ujar Alexandra Cook, ahli diet.

Ini adalah beberapa manfaat dari berolahraga dengan perut kosong. "Ketika tidur, karbohidrat yang disimpan dalam tubuh kita habis, seperti saat tangki mengurangi bensin. Jika kamu langsung berolahraga ketika baru bangun tidur dan perut kosong, Kamu lebih banyak membakar lemak daripada ketika kamu selesai sarapan," ujar Alexandra. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga dengan perut kosong:

Makan makanan tinggi karbohidrat dan protein setelah olahraga

"Ini sangat penting untuk mengisi perut dengan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein," ujar Alexandra. Sebab tubuh membutuhkan nutrisi agar tubuh dapat beradaptasi secara baik, dengan olahraga yang kita lakukan.

Jangan terlalu sering olahraga dengan perut kosong

Jangan berolahraga saat perut kita kosong, lebih dari dua kali dalam seminggu. Berolahraga saat perut kosong hanya dilakukan dengan frekuensi yang jarang. Saat melakukan olahraga yang cukup berat atau yang bisa membuat jantung berdebar cepat, harus diisi dengan makanan terlebih dahulu,

Apa Reaksi Kamu?