Bakal Kucurkan Rp 147 M, Ini Bedanya Randis Menteri Jokowi dan Duterte

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Bakal Kucurkan Rp 147 M, Ini Bedanya Randis Menteri Jokowi dan Duterte Preiden Jokowi (kiri) tengah berbincang denga Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (kanan) dalam suatu momen. (Foto: merdeka.com)

Winnetnews.com - Kendaraan Dinas (Randis) baru untuk jajaran menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi mencapai Rp 147 miliar lebih dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Diketahui, randis tersebut disinyalir menjadi kendaraan termahal sepanjang sejarah pemerintahan Indonesia.

Seperti diketahui, mobil dinas para pejabat negara identik dengan mobil mewah layaknya sedan-sedan yang bermain di segmen premium. Berbeda 180 derajat dengan Filipina yang mengeluarkan larangan bagi para menteri Presiden Rodrigo Duterte menggunakan randis mewah. 

Dilansir dari Asian Correspondent, bila dulunya mobil dinas menteri Filipina minimal sekelas Toyota Camry kini dipangkas menjadi mobil murah. Duterte mengibaratkan mobil berjenis multi purpose vehicle layaknya Avanza menjadi kendaraan resmi para menteri di kabinet pemerintahannya. Hal ini dilakukan untuk efesiensi anggaran.

Mengutip kompas.com, lebih dari 100 sepeda motor dihancurkan pada awal Juni lalu atas perintah Presiden Filipina Rodrigo Duterte. 

"Duterte menginginkan Avanza, karena itu termurah," ucap Pantaleon Alvarez, calon Ketua DPR yang sekaligus merupakan rekan Duterte.

Gaya kepimimpinan Duterte memang terkenal keras. Bahkan pada Agustus tahun lalu, Duterte sempat menghancurkan ratusan mobil dan sepeda motor mewah senilai Rp 75,7 miliar yang diketahui merupakan hasil tindak korupsi.

Untuk Toyota Avanza yang dimaksud Duterte, tidak lain merupakan mobil MPV murah yang diproduksi di Indonesia oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Diketahui Filipina memang menjadi salah satu negara langganan ekspor MPV sejuta umat ini.

Apa Reaksi Kamu?