Bakalan Musnah Nih Lampu Lalu Lintas, Kalau Mobil Otomatis Benar-benar Ada

kontributor

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Bakalan Musnah Nih Lampu Lalu Lintas, Kalau Mobil Otomatis Benar-benar Ada

WinNetNews.com - Masa depan transportasi terasa cerah dengan pengembangan mobil otomatis yang semakin menuju arah positif. Meski banyak kendala, mobil otomatis akan segera beri solusi kemacetan lalu lintas.

Namun jika mobil otomatis benar-benar ada, lalu lintas di jalan tentunya juga harus berubah.

Oleh karena itu, Sensable City Lab dari Massachusets Institute of Technology, menyadari problem ini, dan mengembangkan sebuah sistem bernama DriveWave, di mana sistem ini mengatur mobi-mobil otomatis yang melintas di perempatan.

Pada intinya, para peneliti menganggap bahwa seharusnya, jika mobil otomatis sudah menguasai jalanan, tak perlu lagi ada lampu lalu lintas. Setiap mobil otomatis tentu memiliki sistem navigasi yang super akurat, sehingga mereka pun tak akan menabrak satu sama lain di jalanan.

Dengan menghilangkan 'lampu merah,' mobil otomatis yang akan jalan terus di perempatan tentu akan memotong waktu perjalanan dan perjalanan akan makin cepat.

Dalam artikel penelitian yang mereka rilis di jurnal PLOS One, menyatakan bahwa ide yang mereka tawarkan, yakni 'perempatan berbasis slot,' akan jadi sistem yang lebih efektif ketimbang harus saling menunggu kendaraan di lampu merah.

Studi ini, mensimulasikan perempatan berbasis slot, dengan tujuan agar tak hanya memotong waktu di jalan, tapi juga mengurangi emisi gas yang mungkin banyak terbuang ketika macet dan terjebak lampu merah.

Selain itu, keselamatan juga jadi prioritas terbesar, karena kapasitas jalan akan lebih lebar jika perempatan tidak diisi dengan lampu merah.

Permasalahannya saat ini adalah meski mobil otomatis sudah mencapai tahap uji coba akhir, sistem ini harus dijalankan dengan sangat banyak mobil otomatis yang telah turun di jalan.

Jika sistem ini tetap berjalan dengan manusia sebagai pengemudi, akan ada masalah dalam hal rusaknya sistem yang telah terstruktur, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Sehingga, teknologi ini mungkin akan terealisasi dalam hitungan dekade.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...