Bakteri Enterococcus, Bakteri Purba yang Berevolusi jadi 'Bakteri Super'

Bakteri Enterococcus, Bakteri Purba yang Berevolusi jadi 'Bakteri Super'

Jumat, 12 Mei 2017 | 11:00 | kontributor

winnetnews.com - Enterococcus adalah bakteri yang sebetulnya umum ditemukan di perut manusia namun kadang bisa menyebabkan infeksi darah, kandung kemih, dan organ lain. Apabila memang menjadi infeksi bakteri ini diketahui sulit diobati karena sifatnya yang kebal terhadap beberapa jenis obat antibiotik.

Oleh karena itu Enterococcus mendapat sebutan 'bakteri super' dan menjadi prioritas oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk dicari obat barunya. Mengapa Enterococcus bisa begitu cepat mengembangkan kekebalan? Menurut studi terbaru ini berkat evolusi ratusan juta tahun.

Ahli genetika Ashlee Earl dari Broad Institute mengatakan Enterococcus memiliki nenek moyang yang dapat dilacak hingga sekitar 450-500 juta tahun yang lalu. Ketika itu hewan-hewan purba yang hidup di air mulai berevolusi pindah hidup ke darat.

Dipublikasi dalam Jurnal Cell, peneliti mengatakan nenek moyang Enterococcus kemungkinan hidup di perut para hewan purba air dan ikut berevolusi.

Di laut dengan kondisi basah bakteri dapat keluar bersama feses dari satu hewan dan jatuh ke dasar laut sebelum kembali dikonsumsi masuk ke tubuh hewan lainnya. Namun seiring berjalannya waktu ketika para hewan pindah hidup ke darat nenek moyang Enterococcus menghadapi situasi lingkungan kering.

Agar bisa bertahan hidup di lingkungan yang lebih keras akhirnya nenek moyang Enterococcus lama-lama beradaptasi menjadi lebih kuat.

"Kehidupan di darat akan memunculkan sifat-sifat khusus yang membuat bakteri patogen Enterococcus bisa bertahan dalam kekeringan, kelaparan, dan disinfeksi di rumah sakit modern," ungkap peneliti seperti dikutip dari EurekAlert, Jumat (12/5/2017).

Peneliti mengatakan dengan mempelajari genetika Enterococcus diharapkan ke depannya akan dapat dibuat obat yang secara spesifik bisa menghadapi bakteri super ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...