Balai Kota Digunakan Untuk Milad PKS, Pengamat Pertanyakan Izinnya
Sumber : Istimewa

Balai Kota Digunakan Untuk Milad PKS, Pengamat Pertanyakan Izinnya

Selasa, 17 Apr 2018 | 20:33 | Oky

Winnetnews.com - Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mempertanyakan digunakannya Balai Kota DKI Jakarta untuk rangkaian acara ulang tahun ke-20 Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Trubus menyoal apakah penggunaan aset pemerintah daerah itu sudah mendapatkan izin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pertanyaannya, sudah ada izin tertulis dari Gubernur atau belum?" kata Trubus, Senin, 16 April 2018.

Pada Ahad, 15 April 2018, PKS menggelar jalan santai dan senam pagi yang berpusat di Balai Kota DKI Jakarta. Acara itu merupakan rangkaian ulang tahun atau milad ke-20 PKS yang puncaknya akan diperingati pada 13 Mei mendatang. Presiden PKS Sohibul Iman hadir dalam acara itu.

Trubus Rahadiansyah mengatakan, penggunaan Balai Kota diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Aset Daerah serta Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2012 tentang Pemanfaatan Barang Milik Daerah.

Pasal 2 Pergub 55, kata Trubus, menyebutkan bahwa pemanfaatan barang milik daerah bertujuan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Sedangkan pasal 5 Pergub itu menyatakan pemanfaatan barang milik daerah berupa tanah dan atau bangunan yang tidak dipergunakan untuk menunjang penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi SKPD dilaksanakan oleh pengelola setelah mendapatkan persetujuan Gubernur.

"Kalau tidak ada izin tertulis berarti bertentangan," ujar Trubus menegaskan.

Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah PKS DKI Jakarta Shakir Purnomo mengklaim penggunaan Balai Kota sudah melalui prosedur perizinan. Dia mengatakan Balai Kota dipilih sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada pemerintahan Anies-Sandiaga.

Kepala Biro Umum DKI Jakarta, Firmansyah, enggan berkomentar penggunaan Balai Kota buat milad PKS ini. "Oh saya enggak tahu," kata Firmansyah melalui telepon pada Senin, 16 April 2018. Dia pun langsung menutup telepon

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...