Bamsoet Dapat Dukungan PDIP Jabat Ketua MPR 2019-2024

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Bamsoet Dapat Dukungan PDIP Jabat Ketua MPR 2019-2024 Bambang Soesatyo. [Foto: Merdeka]

Winnetnews.com - PDI Perjuangan melalui Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Ahmad Basarah menegaskan dukungannya terhadap Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk mengisi kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Basarah menyatakan keputusan tersebut berdasarkan arahan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Bamsoet merupakan mantan Ketua DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Partai Golkar.

"Partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Basarah dalam keterangan resminya seperti dikutip CNN Indonesia, Rabu (2/10).

Menurut Basarah, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan demi tegaknya demokrasi Pancasila di Indonesia. Dia menambahkan, salah satu tegaknya demokrasi Pancasila di Indonesia adalah parpol pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah. [Foto: Celebes Top News]

Basarah melanjutkan, penerapan demokrasi Pancasila bukan terjawantahkan ketika parpol pemenang pemilu mengambil semua lini kekuasaan atau the winner take all.

"Sehingga kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," kata Basarah.

Meski demikian, Basarah mengaku PDIP memberikan empat prasyarat penting bagi Bamsoet agar mulus menjadi Ketua MPR. Syarat pertama, kata dia, PDIP meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting.

"PDI Perjuangan mempersilahkan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat," papar dia.

Syarat kedua, Basarah menyatakan PDIP meminta kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar berkomitmen mengawal jalannya pemerintahan Jokowi sesuai konstitusi sampai berakhirnya masa jabatan 2024.

Syarat ketiga, Basarah meminta Bamsoet untuk mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 agar menerapkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR.

"Kemudian melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh Taufiq Kiemas serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tigas pembinaan ideologi bangsa," tandas Basarah.

Apa Reaksi Kamu?