Ban Ki-moon sebut perempuan harus pimpin PBB

Ban Ki-moon sebut perempuan harus pimpin PBB

Selasa, 16 Agt 2016 | 19:30 | Rike
WinNetNews.com-Sekretaris jenderal PBB menyebutkan bahwa ingin ada seorang perempuan yang menggantikan posisinya.

Menurut Ban Ki-moon, ini "sudah waktunya" untuk pemimpin perempuan, setelah lebih dari 70 tahun PBB dan pergantian delapan pemimpin laki-laki.Dari 11 kandidat yang bertarung untuk posisi puncak di PBB itu, lima diantaranya perempuan.Sekretaris Jenderal harus mendapat rekomendasi dari 15 negara anggota tetap dan tidak tetap di Dewan Keamanan PBB dan dipilih oleh 193 negara dalam Sidang Umum.

Sekretaris jenderal yang baru diperkirakan bakal diumumkan sebelum akhir tahun ini. Eropa Timur dan Rusia, yang tidak pernah memiliki perwakilan yang duduk di posisi itu, mengatakan jabatan itu harus diberikan kepada seseorang dari wilayah tersebut.

Kandidat sekjen PBB pada 2016 ini berasal dari Amerika Latin, Eropa Barat dan Australasia serta Eropa Timur. Ban tak menyebut salah satu kandidat tertentu, tapi dia menungkapkan pada kantor berita AFP bahwa ada banyak "pemimpin perempuan yang sukses dan memiliki motivasi yang dapat benar-benar mengubah dunia, yang secara aktif dapat berhubungan dengan para pemimpin dunia lainnya".


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...