Skip to main content

Bandara-Bandara Ini Paling Unik Didunia, Kenapa ya?

Bandara-Bandara Ini Paling Unik Didunia
Bandara-Bandara Ini Paling Unik Didunia

WinNetNews.com - Dalam membangun bandara, ada banyak yang perlu menjadi pertimbangan. beberapa di antaranya, adalah memilih lokasi dengan ruang yang cukup, tanah datar, pemandangan jelas, dan aliran angin yang menguntungkan.

Ternyata, tak semua bandara memenuhi syarat-syarat tersebut. Namun, itu yang membuat sejumlah bandara dikenal. Tanya jawab melalui situs Quora, seorang pengguna mengajukan pertanyaan, "bandara apa yang paling unik di dunia?"

Jawaban yang didapatkan pun beragam. Ada yang menjawab bandara dengan keamanan yang mengkhawatirkan, dan ada yang menyebutkan sebuah bandara yang terletak di pulau buatan jauh dari daratan.

Dikutip dari News.com.au, nah ini dia bandara-bandara dari berbagai Negara paling unik di dunia, yuk kita simak:

- Bandar udara Internasional Ibrahim Nasir, Maladewa

Ilustrasi Bandara Ibrahim Nasir Maladewa

Bandara Internasional Ibrahim Nasir, lebih dikenal sebagai Bandara Internasional Malé,sebelumnya dikenal sebagai Bandar Udara Hulhulé, adalah bandara internasional utama di Maladewa. Kota ini terletak di Pulau Hulhulé di Atol Male Utara, dekat ibukota pulau Malé.

Sekarang, Ibrahim Nasir International juga terhubung dengan bandara utama di seluruh dunia, sebagian besar berfungsi sebagai pintu gerbang utama ke Maladewa bagi wisatawan.

Pada tanggal 26 Juli 2011, Male 'Bandara Internasional secara resmi berganti nama sebagai' Ibrahim Nasir International Airport 'dalam memori Ibrahim Nasir, Presiden ke-2 dari Maladewa. Karena beliaulah yang memulai pembangunan bandara pada tahun 1960.

Bandara ini berada pada ketinggian 6 kaki (2 m) di atas permukaan laut. Ia memiliki satu landasan pacu dengan permukaan aspal berukuran 3.200 m × 45 m .

- Bandara Ibukota Black Rock City, AS

image1

Keunikan bandara ibukota Black Rock City terletak pada waktu operasinya yang hanya satu minggu per tahun. Bandara dikenal sebagai 88NV, yang merupakan kode IATA bandara.

Mengapa hanya seminggu setiap tahunnya? Karena bandara ini eksklusif bagi para pengunjung festival seni tahunan yang digelar di Black Rock , Burning Man.

"Ini sebuah tanah kotor yang menampung 150 pesawat untuk para pengunjung Burning Man, terletak di tengah danau kering di padang pasir Nevada,"tulis salah satu pengguna Quora.

Bandara dilengkapi layanan lengkap terminal, layanan charter, operator skydiving, dapur bandara, pom bensin pesawat, dan layanan berkeliling yang menawarkan melihat-lihat pemandangan.

Banyak pilotyang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memfasilitasi, dan bekerja sukarela mempertahankan bandara.

- Bandara Internasional Kansai, Jepang

image2

Bandara Kansai terletak jauh dari daratan, dibangun di pulau buatan berukuran 21.000.000 meter kubik.

Bandara ini tak mendapatkan tempat atau izin untuk beroperasi 24jam di kota, dan tak ada lahan pinggir kota yang bisa digunakan, sehingga dibangunlah pulau tersebut.

- Bandara Kai Tak, Hongkong

image3Bandara Kai Tak merupakan bandara internasional Hongkong dari 1925 hingga 1998.Pada akhir tahun 80-an, Hongkong merupakan kota padat di antara pegunungan dan lautan, yang dihuni oleh tujuh juta orang di kota 1.030 meter kubik.

Satu-satunya bandara yang ada di kota ramai ini adalah Kai Tak.Bandara tersebut berada di sebagian lahan kering di pelabuhan, dengan dikelilingi gedung-gedung tinggi.

"Tempat ini terbilang pendek bagi pesawat-pesawat besar, dan rasanya mengerikan setiap kali mendarat dengan Boeing 747. Ketika melihat ke luar jendela saat take off atau mendarat, Anda bisa melihat seolah-olah pesawat akan menabrak rumah orang," komentar seorang pengguna Quora.

- Sea Ice Runway, Stasiun McMurdo, Antartika

image4

Sea Ice Runway merupakan landasan pesawat resmi untuk US Antarctic Program dalam musim panas Antartika karena jaraknya dekat dengan StasiunMcMurdo.

Namun, yang paling membuat ngeri, adalah penggunaan es untuk melapisi landasan.

Pembuatan lapisan es di landasan untuk pesawatberoda dibangun pada awal musim, dan digunakan sampai awal Desember ketika es di lautan mulai retak.

- Madeira Airport, Portugis

image5

Keistimewaan bandara ini adalah kolom-kolom besar setinggi 70 meter yang terpaksa dibangun untuk memperluas area runway. Pemerintah Portugis memilih membangun kolom ketimbang melakukan reklamasi untuk perluasan lahan. Ketiga sisi bandara mungil ini menempel dengan laut, sedangkan sisi satunya bersebelahan dengan bukit.

- Bandara Paro, Bhutan

image6

Bandara Paro adalah satu-satunya bandara internasional di Bhutan, dan layanannya diselenggarakan oleh National Airline Druk Air.

Dalam mendarat, pilot perlu menavigasi pesawat melalui celah sempit antara dua lembah. Sebelum sampai ke landasan, sebuah pesawat perlu berbalik, dan diperlukan keterampilan lebih untuk menyesuaikan pesawat sehingga paralel dengan lantai landasan dalam waktu singkat.

"Dengan puncak gunung yang tingginya mencapai 5.500 meter, bandara ini merupakan bandara paling menantang dalam pendaratan di dunia.

Penerbangan ke Paro diatur di bawah pengamatan visual meteorologis, dan hanya boleh dilakukan pada saat matahari masih ada di langit," tulis seorang pengguna Quora.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top