Bandara Internasional Lombok Kembali Beroperasi

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Bandara Internasional Lombok Kembali Beroperasi
WinNetNews.com - Bandara Internasional Lombok telah dibuka kembali sejak Selasa, 2 Agustus 2016 pukul 08.00 WITA. Setelah sebelumnya bandara ditutup karena debu vulkanik akibat letusan Gunung Barujari (anak Gunung Rinjani).

"Hasil rapat pembahasan pagi ini menyatakan kondisi sudah aman. Bandara dibuka lebih awal dari jadwal semula pukul 10.00 WITA, dimajukan pada pukul 08.00 WITA," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL) I Gusti Ngurah Ardika, dikutip Antara, di Lombok Tengah, Selasa (2/8/2016).

Ardika mengatakan cuaca juga cukup cerah di sekitar Gunung Rinjani dan debu di area penerbangan juga sudah tidak tampak. Erupsi Gunung Barujari sudah tidak terjadi lagi.

Pembukaan aktivitas penerbangan diputuskan dalam rapat bersama dengan Air Navigation, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), maskapai penerbangan dan pihak terkait lainnya. Keputusan didasarkan hasil pengamatan satelit Himawari dan pantauan dari Pusat Pemantau Vulkanik Ash di Darwin, Australia, yang memperkirakan sebaran vulkanik mulai menipis dan tidak signifikan lagi.

Menurut dia, ditutupnya aktivitas penerbangan, kemarin, disebabkan sebaran abu vulkanik letusan Gunung Barujari mencapai ketinggian di atas 2.000 meter dengan amplitudo maksimal 52 milimeter.

"Letusan kemarin terjadi sebanyak tiga kali, yakni pada pukul 11.45 WITA, berlanjut pada pukul 11.50 WITA dan terakhir pada pukul 16.00 WITA, setelah itu ada letusan skala kecil," ujarnya.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});