Bangkit Usai Terpuruk, Kisah Pilu Masa Lalu Park Bo Gum Yang Dijamin Bikin Haru
Foto: Allkpop

Bangkit Usai Terpuruk, Kisah Pilu Masa Lalu Park Bo Gum Yang Dijamin Bikin Haru

Rabu, 9 Jun 2021 | 17:00 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Nama aktor Park Bo Gum tentu sudah tidak asing bagi para penggemar drama Korea. Namanya begitu terkenal, bahkan dikenal sebagai salah satu aktor termahal di Korea Selatan. Namun, bukan berarti seorang Park Bo Gum tidak punya cerita masa lalu yang memilukan. Ia juga harus melalui masa-masa sulit sebelum resmi debut dan menjadi terkenal seperti sekarang.

1. Nyaris Jadi Korban Aborsi

Dalam sebuah surat yang ditulis oleh ayah Park Bo Gum, terungkap fakta yang mencengangkan tentang masa kecil sang aktor. Saat Park Bo Gum masih dalam kandungan ibunya, ia pernah hampir digugurkan karena sang ibu hamil di usia yang sudah tidak lagi muda.

Saat itu, ibu Park Bo Gum menderita penyakit yang mengharuskannya meminum obat-obatan keras. Orangtua Park Bo Gum berpikir obat itu bisa mempengaruhi perkembangan janin dan takut terlahir cacat. 

"Istri saya akhirnya hamil pada usia lanjut, dan pada saat itu kami mengira dia tidak subur. Kami tidak tahu dia hamil, jadi dia minum beberapa obat (untuk penyakit yang diderita saat itu). Kami khawatir melahirkan anak cacat (karena obat-obatan), jadi kami berusaha menggugurkan jabang bayi. Tetapi sepertinya itu bukan kehendak Tuhan. Pada akhirnya, dia melahirkan anak laki-laki yang sehat," tulis ayah Bo Gum dikutip Koreaboo.

2. Hampir Meninggal Dunia

Kebahagiaan tidak berlangsung lama. Meski kondisinya tidak cacat, Park Bo Gum kecil yang digendong ibunya pasca dilahirkan tiba-tiba menangis karena suhu tubuhnya yang tinggi dan harus dilarikan ke UGD. Nyawa Park Bo Gum kecil hampir tidak terselamatkan mengingat dokter sudah pasrah menanganinya.

"Ketika bayi kami yang sehat dipegang ibunya, dia tiba-tiba mulai menangis dan harus dilarikan ke UGD karena suhunya yang tinggi. Selama beberapa hari, tidak ada peningkatan, dan bayi itu perlahan mulai terlihat seperti mayat, dan dokter terus mengatakan hal-hal negatif yang membuat kami kecewa," tutur ayah Park Bo Gum.

3. Nasihat dari Pendeta

Orangtua Park Bo Gum kemudian menemui seorang pendeta. Namun, tiba-tiba mereka diminta pulang oleh pendeta karena meyakini Park Bo Gum akan membawa berkah bagi keluarganya. Saat itu, ayah Park Bo Gum tidak langsung percaya pada pendeta tersebut. Setelah dibawa ke pendeta, diberi pemberkatan, dilantunkan beberapa doa, Park Bo Gum dinyatakan sembuh dan kembali sehat.

"Saat itu, pendeta kami memberi tahu jika kami telah mendapatkan berkat dari bayi tersebut, sehingga ia meminta kami membawanya pulang. Setelah menemui sang pendeta, kami akhirnya pulang dan melakukan semua saran yang diberikan oleh pendeta. Sampai akhirnya bayi kami mulai menangis lagi, dan dia bisa sembuh total dalam seminggu setelah mengeluarkan kotoran hitam," tutur ayah Park Bo Gum. 

Park Bo Gum sempat menjalani operasi hernia di rumah sakit pada usia 6 tahun dan sembuh dalam waktu 2 bulan. Saat itu, pendeta tersebut kemudian memberinya nama "Bo Gum".

"Aku sangat dekat dengan pendeta yang memberiku nama lahir 'Bo Gum', nama tersebut berarti 'Pedang yang Berharga'. Ketika melihat hidupnya, aku bisa-bisa benar belajar bagaimana cara menjadi orang yang bijak, bukan semata religius," kata Park Bo Gum dalam sebuah wawancara.

4. Ditinggal Ibu Sejak Kecil

Cobaan hidup Park Bo Gum tidak berhenti sampai di situ. Ia harus kehilangan kasih sayang ibu saat ia kelas 4 SD. Meninggalnya sang ibu menjadi pukulan terberat baginya. Ia sampai tidak bisa menahan tangis saat disuruh membacakan salah satu adegan Chilbong (peran yang dibintangi aktor Yoo Yeon Seok) di drama "Reply 1994". 

Dalam naskah tersebut, terdapat skrip "Ibu, aku merindukanmu". Namun ia tidak bisa melanjutkan untuk membacanya karena tak bisa lagi menahan air matanya. Ia juga selalu terlihat menangis di beberapa acara saat menceritakan keluarganya.

5. Tidak Punya Foto Keluarga

Tidak banyak foto yang tersimpan di memorinya mengenai sosok sang ibu. Hal itu pula yang membuatnya menyesal. Dalam sebuah variety show, ia mengakui  tidak memiliki foto keluarga yang dilakukan di sebuah studio. Sehingga ia tidak memiliki satu pun foto keluarga untuk dikenang.

"Ibuku selalu memotret pertumbuhanku dan aku malah tidak punya sama sekali foto yang menunjukkan ibuku. Aku merasa tidak bisa menyimpan kenangan itu agar tetap abadi. Aku merasa begitu sedih," tutur Park Bo Gum.

6. Menanggung Utang Keluarga

Kisah pilu Park Bo Gum terus berlanjut. Ia pernah digunakan oleh ayahnya sebagai penjamin. Ayahnya meminjam uang pada rentenir untuk modal membangun usaha. Karena tak mampu membayar utang, rentenir itu meminta Park Bo Gum untuk melunasi utang dan bunganya sebesar Rp3,7 miliar ketika ia baru memulai kariernya di dunia hiburan. 

Park Bo Gum yang tidak mengetahui tentang masalah tersebut berusaha mengajukan banding ke pengadilan. Ia menyerahkan dokumen resmi bahwa usaha ayahnya bangkrut. Beruntung, ia dibebaskan membayar utang tersebut karena namanya dipakai sang ayah sebagai jaminan ketika ia belum cukup dewasa. Akhirnya, ia hanya membayar 30 juta won (sekitar Rp378 juta) dari total utang keseluruhan. 

7. Bangkit Usai Terpuruk

Perjalanan melunasi utang keluarga dimulai. Park Bo Gum sebagai tulang punggung keluarga harus mengejar pendidikan sekaligus karier di saat yang bersamaan. Namun, ia tidak lelah untuk terus berusaha keras. Dengan kegigihan dan kerja keras, ia berhasil mendapat peran dalam banyak drama Korea populer sejak debut tahun 2011. 

Kerja keras Park Bo Gum terbayarkan. Uang yang dikumpulkan dari berbagai proyek di dunia hiburan membawanya pada kesuksesan. Kini, ia telah memiliki beragam aset mewah dan kekayaan bersih diperkirakan mencapai Rp222 miliar pada tahun 2018. Jumlah tersebut semakin bertambah karena pada tahun 2020, ia membintangi drama, film, iklan hingga variety show sebelum berangkat wajib militer pada 31 Agustus 2020.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...