Bangladesh Siapkan Hutan Baru untuk Pengungsi Rohingya
Foto:CNN

Bangladesh Siapkan Hutan Baru untuk Pengungsi Rohingya

Sabtu, 7 Okt 2017 | 20:06 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Krisis kemanusian yang dialami Rohingya masih menjadi perhatian banyak dunia.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Bangladesh berencana membuka lahan hutan agar dapat mendirikan tenda-tenda untuk menampung gelombang pengungsi Rohingya yang semakin membeludak sejak bentrokan di Rakhine kembali memanas pada Agustus lalu.

Menteri Manajemen dan Pemulihan Bencana Bangladesh, Mohammad Shah Kamal, mengatakan bahwa keputusan ini diambil setelah jumlah Rohingya yang datang sejak 25 Agustus mencapai lebih dari 500 ribu.

"Kini jumlahnya sudah mencapai lebih dari 100 ribu dan orang masih terus berdatangan. Maka, pemerintah harus mengalokasikan 400 hektar lahan hutan," kata Mohammad Shah Kamal.

Pemerintah Myanmar sendiri mengatakan siap menerima kembali Rohingya yang kabur ke Bangladesh, setelah didesak oleh komunitas internasional.

Myanmar memberlakukan aturan ketat dengan proses verifikasi panjang, membuat para Rohingya meragukan kemauan pemerintah untuk menerima mereka. Belum lagi, Rohingya sendiri tidak diakui sebagai warga negara di Myanmar.

Situasi ini membuat nasib Rohingya terkatung-katung, sementara kondisi fisik mereka sangat mengkhawatirkan.

Sekitar 281 ribu pengunsi kini sangat kekurangan nutrisi, termasuk 145 ribu anak-anak serta lebih dari 50 ribu ibu hamil dan menyusui.

Perserikatan Bangsa-Bangsa pun menggalang dana hingga sekitar US$434 juta untuk membantu total 1,2 juta orang selama enam bulan. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...