Bangun Pagi Ternyata Banyak Manfaatnya, Ini Ulasannya

Rusmanto
Rusmanto

Bangun Pagi Ternyata Banyak Manfaatnya, Ini Ulasannya ilustrasi
Winnetnews.com - Bagi beberapa orang, bangun pagi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal, membiasakan diri untuk bangun pagi secara rutin adalah sesuatu yang berguna bagi kesehatan tubuh secera keseluruhan. Lantas, apa saja manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan?

Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Meski terlihat sederhana, manfaat dari bangun pagi ternyata bisa memberikan manfaat bagi kondisi fisik maupun mental. Salah satu manfaat yang mudah terlihat adalah memberi banyak waktu untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum menjalankan aktivitas, hal inilah yang membuat Anda tidak melakukan suatu hal dengan terburu-buru.

Selain itu, kebiasaan bangun pagi juga membuat Anda mendapatkan udara yang lebih bersih dan sinar matahari yang baik kesehatan. Kondisi ini otomatis akan membuat tubuh lebih segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah manfaat bangun pagi lainnya yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Lebih berenergi sepanjang hari

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah membuat Anda berenergi sepanjang hari. Hal ini bisa Anda dapatkan apabila dibarengi dengan olahraga pagi. Perlu Anda ketahui bahwa olahraga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, di mana hal ini bisa membuat suasana hati yang lebih baik sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Kondisi inilah  yang memberikan energi tambahan saat melakukan pekerjaan.

2. Memberikan waktu untuk sarapan

Bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu sarapan yang baik. Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan meresponnya dengan kelaparan berlebihan pada siang harinya. Ketika kelaparan mulai Anda alami, maka makan siang Anda berisiko dipenuhi oleh asupan-asupan yang tidak sehat.

3. Memiliki tubuh yang bugar

Manfaat bangun pagi berikutnya adalah membat seseorang lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Jika kebiasaan bangun pagi ini rutin dilakukan maka efek positifnya adalah membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Menghirup udara segar di pagi hari dibarengi dengan olahraga dapat meningkatkan energi dan menjaga suasana hati lebih baik.

4. Menjadi lebih bahagia

Bagi Anda yang sedang dilanda kesedihan, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mendapatkan manfaat bangun pagi. Manfaat dari bangun pagi ini dipercaya dapat membuat Anda lebih bahagia dan sehat dibandingkan mereka yang memiliki kebiasaan begadang.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka memiliki kebiasaan bangun pagi. Sedangkan orang dewasa yang bermain atau bekerja hingga larut malam, memiliki suasana hati yang buruk.

Apa Reaksi Kamu?