Bangunan Unik Dipenuhi Tumbuhan, Bisa Bantu Kurangi Pemanasan Global Nih!
Foto: Paisajismo Urbano

Bangunan Unik Dipenuhi Tumbuhan, Bisa Bantu Kurangi Pemanasan Global Nih!

Sabtu, 13 Mei 2017 | 10:04 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Edificio Santalaia, sebuah bangunan yang ditutupi tanaman di tengah Bogota, Kolombia, dianggap sebagai salah satu taman kota yang paling menakjubkan yang pernah dibuat.

Dengan lebih dari 33.000 Sq. Penyangga dari tanaman yang meliputi bangunan 11 cerita (9 di atas tanah dan 2 bawah tanah), ini adalah taman vertikal terbesar di dunia.

Hasil kolaborasi antara desainer hijau Spanyol Paisajismo Urbano dan perusahaan Kolombia Groncol, taman vertikal yang menakjubkan ini selesai pada bulan Desember 2015, setelah delapan bulan perencanaan, dan delapan bulan kerja keras lainnya.

Hari ini, sering disebut sebagai "jantung hijau Bogota", dan bertindak sebagai ikon keberlanjutan, sekaligus mengingatkan akan peran penting yang dimainkan tanaman dalam kehidupan kita sehari-hari.

Taman vertikal terbesar di dunia terdiri dari 115.000 tanaman dari 10 spesies dan 5 famili yang berbeda, dipilih oleh Ignacio Solano, kepala Paisajismo Urbano, dan timnya, dalam sebuah ekspedisi ke hutan hujan Chocó Kolombia. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti cara tanaman ini berinteraksi, dan mencapai cakupan monokromatik keseluruhan bangunan.

image0

"Pemilihan spesies sangat penting dalam jenis kebun ini, karena keanekaragaman hayati dalam ekosistem vertikal memungkinkan interaksi antara spesies yang membentuknya, baik tumbuhan maupun mikroorganisme," kata Solano.

"Luas permukaan yang luas yang terlibat adalah kesulitan yang bertambah dibandingkan dengan kebun vertikal lainnya, karena melibatkan penggunaan lebih banyak tanaman" katanya.

Vegetasi yang subur juga berfungsi sebagai insulasi alami untuk bangunan, menurunkan suhu di dalam selama bulan-bulan musim panas dan menurunkan penggunaan pendingin udara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...