Banjir rendam ratusan rumah di Padang

Banjir rendam ratusan rumah di Padang

WinNetNews.com-Banjir akibatkan ratusan rumah di Kelurahan Sungai Sapih, Kota Padang, Sumatera Barat, terendam karena hujan deras yang melanda daerah itu sejak Senin pagi.

"Hujan deras ada sejak pukul 11.00 WIB namun air tergenang dan merendam rumah penduduk baru sore ini," ujar Iwan, warga yang rumahnya terkena banjir di Padang. Ia menyebutkan banjir ini sering terjadi sebab belum adanya pembenahan terhadap keberadaan Banda Luruih.

Sementara akses utama menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin Kota Padang, terendam banjir hingga 80 centimeter."Ya, akses jalan memang terendam banjir cukup tinggi, air juga tadi masuk ke ruang poliklinik dan bangsal bedah namun tidak begitu tinggi," ungkap Direktur RSUD dr Rasidin, Herlin. Ia menyatakan terendamnya akses dari jalan Bypass menuju rumah sakit karena badan jalan yang lebih rendah dari rumah sakit."Untuk rumah sakit sendiri pastinya besok kita bersihkan ruangannya menunggu air surut terlebih dahulu," terang dia.Herlin mengatakan bahwa banjir kali ini pasien tak dipindahkan sebab tak terlalu tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakarann (BPBD-PK) Rudi Rinaldi mengatakan banjir memang terjadi pada beberapa titik di kota ini."Mulai dari daerah Koto Tuo, Sungai Sapih, Perumahan Berlindo dan Ikur Koto akibat hujan deras yang datang dari siang hari," jelas dia.Ia menjelaskan dalam menghadapi banjir ini pihaknya telah membagi anggota sejak hujan deras turun."Kita sudah membagi anggota untuk turun kelapangan untuk mengamati dan lakukan evaluasi kalau memang butuh bantuan akan kita kirimkan tim," kata dia.Ia himbau masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai agar segera melakukan evakuasi ketika hujan deras.