Bank Dunia Tugaskan Penasihat IMF Jadi Ahli Krisis Finansial
Carmen Reinhart. (Foto: Elnuevoherald.coml

Bank Dunia Tugaskan Penasihat IMF Jadi Ahli Krisis Finansial

Kamis, 21 Mei 2020 | 12:01 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Bank Dunia atau World Bank menunjuk Carmen Reinhart sebagai ahli krisis keuangan. Reinhart saat ini juga menjabat sebagai dewan penasihat Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan bank sentral AS, Federal Reserve.(The Fed).

Dikutip dari CNBCIndonesia.com, Kamis (21/5), Presiden Bank Dunia, David Malpass mengatakan, pengalaman dan wawasan dan pengalaman Reinhart sangat berharga. Apalagi pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini telah membuat ekonomi terpuruk di negara-negara berkembang. Reinhart akan bekerja mulai 15 Juni 2020.

"Keahlian Reinhart termasuk aliran modal internasional, dan krisis utang negara. Dia menggantikan Pinelopi Goldberg, pada 1 Maret setelah hanya 15 bulan bekerja," jelas Malpass kepada Reuters, Kamis (21/5).

Reinhart merupakan seorang profesor di Universitas Harvard dan telah menerbitkan sebuah buku tentang kebodohan finansial selama delapan abad. Buku itu berjudul 'This Time is Different: Eight Centuries of Financial Folly', yang ditulis bersama ekonom dari Universitas Harvard, Kennety Rogoff pada tahun 2009.

Buku itu menyerukan peraturan yang lebih ketat dan sistem peringatan dini untuk menyalakan alarm tentang gelembung keuangan [financial bubbles]. Karena bank sentral, pembuat kebijakan, dan investor cenderung mengabaikan tanda-tanda itu.

Dalam beberapa cerita di dalamnya, Reinhart menulis tentang pandemi yang terjadi pada bulan Maret. Dalam buku itu, Reinhart mengatakan, "Jelas ini adalah momen apapun yang diperlukan untuk kebijakan fiskal dan moneter berskala besar di luar kebiasaan."

Reinhart memiliki gelar Ph.D. dari Universitas Columbia dan mengajar ekonomi internasional di Harvard Kennedy School. Dia juga pernah bekerja di Peterson Institute for International Economics, IMF, dan Universitas Maryland dan mantan bankir investasi Bear Stearns.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengucapkan selamat lewat akun resmi Twitternya. Dia mengatakan, menunjuk Reinhart adalah pilihan yang tepat, terutama pada saat krisis saat ini.

Terpisah, Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath dalam akun twitternya, menuliskan: "@carmenmreinhart adalah ekonom luar biasa dengan keahlian yang mendalam dalam krisis, utang, aliran modal, dari perspektif saat ini dan sejarah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...