'Bank Dunia' Versi China Siap Beri Utang RI

'Bank Dunia' Versi China Siap Beri Utang RI

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo siang ini menerima kedatangan Presiden Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Jin Liqun di Istana Negara, Jakarta. Banyak hal yang dibahas, khususnya terkait dengan pemberian pinjaman untuk Indonesia dalam pembangunan infrastruktur.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, Jokowi ditemani oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri PPN Sofyan Djalil, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

"Kami senang ekonomi Indonesia berkembang pesat, AIIB akan memberi kredit di sektor manapun yang dapat kami bantu, yang jelas presiden senang Indonesia jadi funding member . Dan kita akan bekerja dengan erat," ujar Liqun saat meninggalkan Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Liqun belum dapat berbicara lebih lanjut, terkait besaran pinjaman yang akan diberikan ke Indonesia. Setelah pertemuan ini, AIIB meminta semua daftar proyek yang akan dikerjakan oleh pemerintah.

"Ini sesuatu yang akan kita diskusikan nanti. Tapi ada daftar proyek yang menjanjikan yang AIIB danai," sebutnya.

Lebih rinci, jenis infrastruktur yang akan dibiayai mencakup sektor energi, listrik, transportasi, pasokan air, jalan, jalur kereta dan yang lainnya. Menurutnya, kelompok infrastruktur tersebut tentu sangat dibutuhkan semua masyarakat.

"Kami belum siap untuk berikan informasi detail. Tapi kami janji bisa mencakup berbagai area, termasuk‎ urban development," tukasnya.

disadur dari detik