Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Capital Indonesia

Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Capital Indonesia

Rabu, 27 Jan 2016 | 13:43 | Muchdi

WinNetNews.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meresmikan satu lagi anak perusahaan, yakni Mandiri Capital Indonesia (MCI). Perusahaan baru tersebut diluncurkan di tengah perhelatan Mandiri Investment Forum (MIF) 2016 Rabu (27/1/2016).

Mandiri Capital akan fokus di bisnis modal ventura untuk mendukung pengembangan pengusaha perintis (startup). MCI merupakan perusahaan patungan (modal ventura) yang dimiliki Bank Mandiri (99 persen) dan Mandiri Sekuritas (1 persen).

Baca Juga: 6 Trayek Tol Laut Beroperasi pada Maret Ini

Baca Juga: Investasi Properti China dan Hong Kong Masih Menjanjikan di 2016

MCI akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan startup yang memiliki risiko tinggi dan biasanya kesulitan memperoleh pinjaman perbankan. Pada tahap awal, perseroan memiliki modal sebesar Rp 350 miliar.

Menurut Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, pembentukan perusahaan modal ventura ini merupakan inisiatif Bank Mandiri untuk menangkap momentum pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia.

 

“Pertumbuhan startup Indonesia, khususnya dibidang inovasi jasa finansial atau fintech, merupakan yang kedua terbesar di ASEAN setelah Singapura. Melalui Mandiri Capital, kami berharap startup Indonesia dapat tumbuh lebih pesat lagi dan dapat merangsang kreativitas generasi muda menciptakan produk dan jasa yang out of the box, khususnya yang dapat mendukung produk perbankan dan jasa keuangan lainnya,” kata Kartika di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama MCI Eddi Danusaputro menjelaskan, untuk menjaring startup potensial, perseroan berencana memperluas ekspansi melalui kemitraan dengan universitas, pusat inkubasi bisnis dan perusahaan teknologi, baik lokal maupun internasional.

“Mudah-mudahan, kami dapat menjadi sahabat bagi para startup Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi negeri,” ujar Eddi.

sumber dari kompas, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...