(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bank Mandiri : Prioritaskan K U R Di 3 Wilayah Area Manado

Muchdi
Muchdi

Bank Mandiri : Prioritaskan K U R  Di 3 Wilayah Area Manado

Jakarta  – Rencana penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi Sulut yang mencapai 60%, sedangkan sisanya akan disalurkan ke beberapa kawasan yakni Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara. Provinsi Sulawesi Utara di prioritaskan oleh PT. Bank Mandiri Tbk ( Persero ) Area Manado untuk Pengucuran Kredit Usaha Rakyat sepanjang Agustus-Desember tahun ini.

"Masing-masing unit kami beri target untuk bisa menyalurkan KUR minimal Rp500 juta setiap bulan. Khusus Sulut diprioritaskan karena banyak pelaku UMKM,"kata Hotman Nainggolan, Pimpinan Wilayah Bank Mandiri Area Manado, Minggu (27/9). Kendati demikian, dirinya mengatakan Bank Mandiri Area Manado diperbolehkan menyalurkan KUR hingga menyentuh pagu nasional yakni Rp3 triliun sampai akhir tahun.

"Kalo sistem di Bank Mandiri, siapa cepat dia dapat sehingga penyaluran KUR bisa menembus porsi yang sudah ditentukan," ucapnya. Tidak hanya itu, dirinya menambahkan pihaknya akan terus memberikan edukasi terhadap calon nasabah KUR, di samping terus menggenjot penyaluran KUR. Pasalnya, Hotman

mengungkapkan banyak masyarakat yang beranggapan program KUR ini adalah hibah, bukannya pinjaman. Akibatnya, rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) membengkak tajam.

"Jika dirinci, rasio NPL yang disumbangkan oleh KUR ini cukup tinggi dibandingkan kredit sektor lainnya yakni di atas 5%," katanya. Berdasarkan data per Agustus-18 September 2015 mencapai Rp200 miliar. Tapi, jika diakumulasikan dengan KUR keseluruhan, Bank Mandiri mencatat penyaluran KUR sebesar Rp200 miliar.

Selain itu, secara keseluruhan Bank Mandiri Area Manado menyalurkan kredit senilai Rp5 triliun dengan rincian Rp1,3 triliun adalah kredit konsumtif sedangkan sisanya adalah kredit produktif per Juni 2015. Realisasi kredit tersebut mengalami pertumbuhan 32,5% yoy, dan dana pihak ketiga naik 11,5% yoy

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});