Bank Sentral Hong Kong Naikkan Suku Bunga 0,75%

Bank Sentral Hong Kong Naikkan Suku Bunga 0,75%

WinNetNews.com - Bank Sentral Hong Kong baru saja menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,50% menjadi 0,75%. Kenaikan ini mengikuti keputusan yang diambil oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) yang lebih dulu menaikkan suku bunga 0,25 basis poin menjadi 0,50%

Bank Sentral Hong Kong menaikkan suku bunga untuk mengantisipasi risiko arus dana keluar yang cukup besar dari negara berkembang. Arus dana keluar Ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Kecepatan arus keluar dari dolar Hong Kong akan tergantung pada kenaikkan suku bunga AS dan perbedaan suku bunga antara dolar AS dan dolar Hong Kong," kata Chief Executive HKMA Norman Chan seperti dikutip Reuters, Kamis (17/12/2015).

"Jika, apapun alasannya, suku bunga AS naik lebih cepat dari yang diharapkan, maka arus keluar dari Hong Kong dan sesuai kenaikan suku bunga juga akan lebih cepat," jelasnya

Suku bunga acuan Hong Kong telah dipertahankan sejak 2008, ketika The Fed membawa suku bunga mendekati 0% akibat krisis keuangan yang terjadi. Sekarang suku bunga AS dinaikan 0,25 basis poin dan akan terus naik bertahap sampai kepada titik yang dianggap tepat.

disadur dari situs detik finance