Banyak Angkutan Umum Tidak Layak Jalan, Dishubtrans DKI Jajaki ATPM Lakukan Uji KIR

Banyak Angkutan Umum Tidak Layak Jalan, Dishubtrans DKI Jajaki ATPM Lakukan Uji KIR

Senin, 28 Mar 2016 | 10:01 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Ternyata sekitar 80 persen angkutan umum di Jakarta yang tidak layak jalan dapat lolos Uji KIR. Menanggapi hal ini, Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta sedang menjajaki Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) melakukan pelayanan Uji KIR bagi armada mereka masing-masing.

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, masih banyaknya angkutan umum yang tidak layak jalan bisa lolos uji KIR, dikarenakan adanya permainan oknum dalam Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) serta minimnya tempat PKB yang melaksanakan Uji KIR.

“Kami sedang memroses kerja samanya dengan ATPM. Dan Kementerian Perhubungan sudah memberikan izin agar ATPM bisa menggelar Uji KIR untuk armada yang dikeluarkannya,” kata Andri, Senin (28/3).

Nantinya pada tahgap awal, minimal ada satu ATPM yang melaksanakan Uji KIR di satu wilayah. Dengan begitu, di Jakarta akan ada lima lokasi pelaksanaan Uji KIR yang dilakukan oleh ATPM. Beberapa ATPM yang sedang dijajaki adalah Mitsubishi dan Toyota.

Sedangkan tahun ini, Dishubtrans akan menambah delapan jalur PKB. Dengan rincian, lima jalur di PKB Kedaung, Cengkareng, Jakarta Barat; dua jalur di PKB Ujung Menteng, Jakarta Timur; dan satu jalur di PKB Pulo gadung, Jakarta Utara.

“Jadi dengan adanya tambahan lima lokasi Uji KIR dari ATPM dan delapan jalur di tiga PKB milik Dishubtransk, kita dapat meminimalisir antrian Uji KIR dan permainan oknum dalam meloloskan Uji KIR bagi kendaraan yang tidak layak,” ujarnya. 

Dilansir dari laman beritastu.com

Foto: ahok.org

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...