Banyak Buaya, Minat Wisatawan Pantai Lasiana Menurun

Banyak Buaya, Minat Wisatawan Pantai Lasiana Menurun

WinNetNews.com - Pantai Lasiana adalah objek wisata yang menjadi salah satu andalan dan kebanggan ibu kota NTT (Nusa Tenggara Barat). Pantai ini berada di wilayah kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Objek wisata alam ini sering dikunjungi oleh warga kota kupang untuk melepas kepenatan.

Salah satu ciri khas Pantai Lasiana yang menjadi daya tarik pengunjung adalah, pantainya memiliki ombak yang tenang, air yang bening, dan dasar pantai yang sepenuhnya pasir putih dan tanpa karang. Oleh sebab itu, berenang di Pantai Lasiana sangatlah mengasyikan.

Akan tetapi, dalam beberapa waktu terakhir ini, kehadiran buaya muara yang sering muncul di pesisir Pantai Lasiana mengganggu kegiatan pariwisata. Alhasil wisatawan menjadi kurang berminat untuk mengunjungi objek wisata seluas 3,5 hektar tersebut.

Berdasarkan sata badan konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) NTT, sebanyak 32 warga telah tewas diterkam buaya sejak 2011 hingga Juli 2016. Sebagian besar korban adalah warga kota dan kabupaten Kupang dan warga sekitar pantai yang banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan pohon lontar itu. Bahkan sejak Januari hingga Juli 2016, tercatat ada 9 warga Kupang yang tewas diterkam buaya muara di Pantai itu.

Pada Senin (25/7) petang ,seekor buaya muara berukuran besar ditemukan sedang berjemur di Pantai Wisata Lasiana Kupang, sehingga menggemparkan pengunjung satu-satunya wisata pantai terindah di Kota Kupang itu.

Namun, buaya tersebut gagal ditangkap oleh petugas BKSDA NTT, karena keterlambatan kapal tangkapan dan kerumunan warga yang hendak menyaksikan buaya itu, sehingga buaya kabur kembali ke dalam laut sekitar Pantai Lasiana tersebut.

Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia Nusa Tenggara Timur (NTT) Mesakh Toy mengatakan, perlu keseriusan pihak Dinas Pariwisata Kota dan Kabupaten Kupang serta Provinsi NTT bekerja sama dengan pihak yang berkompeten untuk menangkap dan mencegah berkeliaran buaya muara Sungai Tarus ke dalam laut dan Pantai Lasiana sehingga tidak mematikan minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang terkenal indah itu.

"Kerja sama dan sinergi untuk menangkal dan mencegah berkeliaran buaya muara di Pantai Lasiana bahkan hingga ke Teluk Kupang itu penting saat tingginya minat wisatawan berkunjung ke Lasiana dan obsesi pemerintah Provinsi untuk menata dan mempercantik patai itu guna menarik wisatawan," katanya.