Banyak Bupati Meninggalkan Daerahnya Terlalu Lama

Banyak Bupati Meninggalkan Daerahnya Terlalu Lama

WinNetNews.com - Menteri Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, ketidakjelasan aturan cuti bagi jajaran pejabat negara, mengakibatkan banyak bupati yang mangkir dari tugasnya.

Yuddy mengatakan, saat ini banyak sekali bupati yang menghabiskan waktunya di luar wilayah tugas dan menginap selama berminggu-minggu di Hotel Indonesia, Jakarta.

“Anda lihat di Hotel Indonesia banyak sekali bupati dari daerah yang sudah berminggu-minggu di situ dengan alasan ada dinas,” kata Yuddy di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/1).

Dia mengatakan, mangkirnya para bupati dari tugasnya bertentangan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

“Kita kan segala sesuatu harus diatur. Jangan mencuri-curi cuti yang tidak resmi. Lebih baik dilegalkan saja cuti pejabat negara itu harus seperti apa,” jelas dia.

Dia mengatakan, pemerintah saat ini berkonsentrasi dalam penyusunan aturan hak cuti pejabat negara. Sebab aturan serupa sudah diatur untuk jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Yang belum diatur pejabat negara. Kalau PNS sudah diatur, Eselon I dan II. Di atas Eselon I biasanya menteri, pimpinan lembaga, pejabat negara, dan hakim agung. Kalau saya tidak punya hak cuti dan menteri-menteri lain juga,” katanya.

(seperti dilansir Berita Satu)