Banyak Lakukan Kerjasama Luar Negeri, Bandung Bakal Miliki 'Duta Besar'

Banyak Lakukan Kerjasama Luar Negeri, Bandung Bakal Miliki 'Duta Besar'

WinNetNews.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil rencanakan rekrut dua orang dari kalangan profesional jadi 'Duta Besar Bandung'.

Layaknya Duta Besar, kedua orang ini bakal bertugas menindaklanjuti tiap kerjasama yang dilakukan Pemkot Bandung dengan luar negeri."Ada instrumen yang tidak tersedia dalam birokrasi. Saya meminta tolong kepada orang-orang yang baik untuk membantu Bandung memfollow up kerja sama luar negeri," kata Ridwan kepada wartawan saat ditemui di Hotel Santika, Jalan LL.RE Martadinata, Jumat (29/4). Pria yang akrab disapa Emil mengatakan, pihaknya lakukan rekrut dari kalangan profesional yang bisa melakukan lobi-lobi luar negeri. Karena PNS di lingkungan Pemkot Bandung belum ada yang miliki kemampuan untuk menindaklanjuti kerjasama yang telah dilakukan."Ini salah satu kelemahan di pemkot Bandung, SDM di kerjasama luar negerinya terbatas. Disuruh ngomong Bahasa Inggris enggak bisa. Jadi saya meminta tolong orang informal. Ada dua orang, dua-duanya lulusan ITB," ucap emil.

Menurutnya dengan direkrut dari kalangan profesional ini diharapkan kerjasama luar negeri yang dilakukan Pemkot Bandung dapat ditindaklanjuti dengan baik. Sehingga urusan kerjasama luar negeri bisa dilakukan lebih cepat."Membereskan negeri ini mau pakai inovasi atau apa adanya. Kalau apa adanya mimpi gak bisa, tapi dengan inovasi lahir percepatan. Komunikasi kerjasamanya jadi dua tiga kali lebih cepat," ungkap dia.

Emil menerangkan bahwa, tenaga yang direkrut ini akan dibiayai sepenuhnya dari uang operasional wali kota.Hingga tak akan memakai biaya dari APBD. Ia berharap pemerintah pusat dapat segera lahirkan aturan terkait Pegawai Pemerintahan Berdasarkan Kontrak Kerja (P3K). Sehingga pihaknya dapat merekrut pekerja non PNS."Makanya saya ingin segera menerapkan P3K itu. Kalau ada saya akan menghire orang non PNS. Jadi nunggu UU ASN. Selama UU ASN-nya belum ada saya berimprovisasi." Ujar emil.

Sumber&foto:merdeka.com