Banyak Minum Sewaktu Olahraga Bisa Overhidrasi

Banyak Minum Sewaktu Olahraga Bisa Overhidrasi

Rabu, 14 Sep 2016 | 19:09 | Rike

WinNetNews.com-Sewaktu berolahraga, tubuh butuh minuman untuk menggantikan cairan terbuang. Tapi terlalu banyak minum air bisa menyebabkan overhidrasi. Dan overhidrasi pun berbahaya bagi tubuh.

Overhidrasi adalah suatu kondisi saat tubuh mengalami kelebihan cairan. Penyebabnya yakni minum berlebihan, tapi tak diimbangi pengeluaran cairan. Kasus overhidrasi sering dijumpai pada olahragawan.

“Saat olahraga biasanya kita minum sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi. Kalau jumlah air yang diminum tidak ditakar, tubuh akan mengalami kelebihan cairan atau overhidrasi. Kondisi ini sama bahayanya dengan dehidrasi, “ jelas Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM (K), dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Jakarta.

Gejala dari overhidrasi antara lain mual, kram, perut terasa penuh, pembengkakan pada kaki dan jari-jari tangan, hingga hilang kesadaran dan koma. Kelebihan cairan dalam tubuh bakal diserap oleh sel-sel, sehingga sel-sel dalam tubuh mengalami pembengkakan. Yang berbahaya, bila air berlebihan masuk ke sel-sel otak dan lalu mengalami pembengkakan, sehingga mengakibatkan hilangnya kesadaran. Kadar natrium di tubuh juga menurun sebab cairan di luar sel tubuh bakal meningkat, sehingga keseimbangan antara elektrolit atau cairan luar sel dan dalam sel berubah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...