Banyak Proyek Era Jokowi Mandek, KPK Diminta Usut Kerugian Negara
Ilustrasi jalan tol (Foto: Biro Pers Presiden)

Banyak Proyek Era Jokowi Mandek, KPK Diminta Usut Kerugian Negara

Senin, 3 Mei 2021 | 12:15 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pengamat sosial politik, Muslim Arbi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut potensi kerugian negara yang timbul akibat sejumlah proyek pembangunan di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mandek.

Selain yang mandek, Arbi juga mendorong KPK mengusut sejumlah proyek yang sudah berjalan namun menimbulkan kerugian.

Ia mencontohkan beberapa proyek seperti Bandara Kertajati yang berakhir menjadi bengkel pesawawt, proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung, kereta api bandara yang sepi, hingga proyek LRT dan lainnya.

"Proyek itu nampaknya akan bermasalah dan mandek. Otomatis timbulkan kerugian triliunan rupiah," ujar Muslim dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin (3/5).

"Sudah pasti akan jadi beban negara dan mengandung potensi korupsi. KPK segera turun usut korupsi infrastruktur yang sudah pernah heboh di beritakan beberapa waktu lalu dan belum disentuh KPK," pungkas Muslim.

Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di era Jokowi memang diketahui mandek karena beberapa masalah, salah satunya  pembangunan proyek Tol Trans Sumatera, tepatnya di Padang-Sicincin yang harus terkendala pembebasan lahan.

Kemudian pembangunan tol Yogya-Solo yang juga mengalami kendala akibat melewati lahan parkir di rumah situs berisi kisah penemuan harta karun Mataram Kuno.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...