Banyak yang Terkejut Dengar Jack Ma Pensiun, Termasuk Putin

Rusmanto
Rusmanto

Banyak yang Terkejut Dengar Jack Ma Pensiun, Termasuk Putin istimewa

WinNetNews.com - Jack Ma memutuskan pensiun dari Alibaba setahun lagi atau saat dia baru berusia 55 tahun. Beberapa pihak terkejut mendengar kabar dari sosok inspiratif tersebut, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin

Ma ikut menghadiri event Eastern Economic Forum yang digelar di Rusia. Putin yang melihat Ma langsung bertanya kenapa sang pendiri Alibaba memutuskan pensiun di umur yang relatif masih muda.

"Saya ingin bertanya pada pria muda yang duduk di sana sambil memakan snack Rusia, Jack Ma. Anda masih begitu muda, kenapa Anda mau pensiun?" tanya Putin yang dikutip dari South China Morning Post.

Ma tampak terkejut mendengar pertanyaan tersebut. Kemudian ia menjawab bahwa usianya sudah tak lagi muda.

"Saya menghabiskan ulang tahun yang ke-54 di Rusia. Saya telah menjalankan Alibaba selama 19 tahun dan meraih sesuatu, tapi masih ada banyak hal yang kuharap bisa saya capai, seperti di filantropi dan pendidikan," jawab Ma.

Putin langsung tertawa mendengar perkataan Ma. "Anda lebih muda daripada saya. Saya sudah 66 tahun," kata sang Presiden yang masih aktif memimpin Rusia itu.

Keputusan pensiun Ma memang termasuk hal langka karena di China, banyak pemilik perusahaan masih memimpin sampai usia lanjut. Tapi Ma sudah yakin dengan keinginannya. Tahun depan, posisinya sebagai Executive Chairman akan digantikan CEO Alibaba Daniel Zhang.

Sudah lama memang Ma ingin lebih bersantai. "Ketika saya pensiun dari posisi CEO, saya mengatakan kepada tim CEO (pada tahun 2013), saya harus lebih banyak bermain golf di pantai," ucapnya.

"Tapi nyatanya, saya menghabiskan 870 jam di udara tahun lalu dan tahun ini 1.000 jam. Masalahnya adalah saya tidak ingin mati di kantor. Saya ingin mati di pantai," tuturnya dalam talkshow Amerika yang dipandu oleh Charlie Rose pada Juni 2017. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});