Banyu Tibo, Pantai Unik Yang Memiliki Air Terjun

Banyu Tibo, Pantai Unik Yang Memiliki Air Terjun

Senin, 25 Apr 2016 | 13:52 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Jika kamu melihat pantai dengan tebing tinggi dengan ombak yang besar mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan pantai yang memiliki air terjun diatasnya? Namanya Banyu Tibo. Salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kabupaten yang lebih dikenal dengan Kota Seribu Goa ini memang punya deretan pantai-pantai cantik, terutama di daerah pinggiran.

Di pantai ini terdapat sebuah fenomenan alam yang cukup unik dan jarang yakni sebuah air terjun yang jatuh langsung ke pantai. Fenomena dan pemandangan ini menjadi daya tarik utama Pantai Banyu Tibo.

Lokasi Pantai Banyu Tibo ini berada di pinggiran Pacitan bagian selatan. Tepatnya di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Pantai ini asih sama dengan pantai yang ada pada umumnya, berpasir putih dan memiliki air laut yang bersih. Hanya keberadaan air terjun yang membuat pantai ini terlihat berbeda. Air yang jatuh dari tebing tersebut merupakan air tawar yang berasal dari sumber air bawah tanah di pegunungan karst yang berada di sekitar pantai. Selain pemandangan pasir yang putih dan air terjun, Pantai Banyu Tibo juga dikelilingi oleh bukit-bukit karst dan juga batu-batu karang untuk memambah pemandangan pantai menjadi semakin kompleks namun indah.

Sayangnya pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Hanya beberapa warga sekitar yang mendatangi obyek wisata ini.

Nama “Banyu Tibo” sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya air jauh. Nama ini merujuk pada keberadaan air terjun di pantai tersebut.

Bagi para Traveler yang ingin mengunjungi Pantai Banyu Tibo ini, kamu harus menuruni tebing setinggi 20 meter. Namun, usaha anda tidak akan sia-sia ketika kamu telah sampai di bawahnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...