Barcelona FC Ikut Terkena Imbas Konflik Timur Tengah
Kostum Barcelona FC dengan iklan Qatar Airways/Foto: PES 2016

Barcelona FC Ikut Terkena Imbas Konflik Timur Tengah

Rabu, 14 Jun 2017 | 05:26 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Efek konflik di Timur Tengah berimbas pada klub asal Catalan, Barcelona. Bahkan seorang warga Arab Saudi mesti berurusan dengan kepolisian setempat karena ia mengenakan kostum Azulgrana. Warga tersebut bakal dikenai hukuman 15 tahun penjara.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/06/2017), tertulis penangkapan itu beralasan karena kostum klub Barcelona bertuliskan 'Qatar Airways'. Seperti diketahui, Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah mengalami peningkatan suhu politik dengan Qatar.

Qatar Airways merupakan maskapai nasional dari Qatar, yang menjadi sponsor bagi klub Barcelona sejak tahun 2013. Maka baik kostum kandang dan tandang Barcelona, pastilah ada tulisan 'Qatar Airways'. Sementara Arab Saudi menganggap Qatar mendukung gerakan terorisme, setelahnya negara-negara Timur Tengah seperti UEA, Mesir dan Arab Saudi akhirnya ikut memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Maskapai Qatar Airways dilarang terbang ke negara-negara tersebut, pun sebaliknya. Bandara Doha di Kota Doha, Qatar yang menjadi salah satu hub di kawasan Timur Tengah juga tak boleh didatangi maskapai-maskapai dari Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Yaman dan Mesir contohnya Etihad, Emirates, Fly Dubai dan Gulf Air. Belum ada kepastian sampai kapan terus berlanjut.

Meski demikian, soal tulisan Qatar Airways di jersey Barcelona dinilai terlalu berlebihan. Malah salah seorang netizen memposting poster Lionel Messi dan kawan-kawan yang memakai jersey Barcelona, tapi tetap ditutupi bagian yang ada tulisan Qatar Airways.

image0

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...