Barcelona Wajib Diwaspadai di Supercopa de Espana, Ini Alasannya

Muchdi

Dipublikasikan 12 hari yang lalu • Bacaan 3 Menit

Barcelona Wajib Diwaspadai di Supercopa de Espana, Ini Alasannya
Skuat Barcelona © Twitter.com/La Liga

Winnetnews.com -  Barcelona bakal menantang Real Madrid dalam duel semifinal Supercopa de Espana 2022. Kedua tim dijadwalkan bertanding di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB.

Pertandingan ini diyakini bakal berlangsung seru, sesuai dengan nama besar El Clasico. Namun, Barca mungkin harus berusaha lebih keras jika ingin menang.

Beberapa bulan terakhir berjalan sulit bagi Barca. Xavi didatangkan sebagai pelatih baru dengan harapan bisa mendongkrak level tim.

Meski begitu, dengan skuad seadanya, Xavi tidak bisa benar-benar mengembangkan tim. Karena itulah hasil pertandingan beberapa bulan terakhir kurang memuaskan.

Nah ajang Supercopa kali ini datang di momen yang tepat untuk Barca. Meski sulit, setidaknya ada 5 alasan mengapa Barca bisa membuat kejutan untuk Madrid. Apa saja?

- Pemain penting pulih

Sebulan terakhir Xavi harus lebih keras memutar otak dalam menentukan starting XI. Ada banyak pemain penting Barca yang absen karena cedera dan Covid-19.

Sekarang pemain-pemain muda terbaik Barca sudah pulih dan siap bermain. Ada Ansu Fati dan Pedri yang ikut dibawa ke Riyadh, tampaknya bakal mendapatkan menit bermain.

Barca juga sudah bisa memainkan Ferran Torres, pemain baru yang direkrut dari Manchester City di bulan Januari ini.

- Harapan jadi titik balik

Xavi sendiri mengakui bahwa pertandingan ini bakal sangat penting bagi timnya. Duel alot kontra Madrid bisa jadi titik balik Barca.

Bicara soal level kedua tim, Xavi mengakui bahwa Madrid sekarang sedang sangat bagus. Barca harus berusaha keras.

Namun, justru itulah yang membuat Barca memiliki semangat baru. Jika bisa mengalahkan Madrid, mereka tahu bisa mendongkrak kepercayaan diri.

- Rasa El Clasico

image0
Selebrasi pemain Barcelona usai menjebol gawang Osasuna dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (12/12/2021). © AP Photo

Madrid jauh lebih kuat di atas kertas. Pasukan Carlo Ancelotti juga bermain lebih konsisten dalam beberapa bulan terakhir.

Kendati demikian, duel Barcelona kontra Real Madrid hampir tidak pernah bisa diprediksi. El Clasico selalu menyimpan banyak kejutan.

Oleh sebab itu, hasil pertandingan ini tidak bisa diprediksi. Madrid boleh unggul dengan momentum positif, tapi tidak ada alasan bagi Barca untuk tidak percaya diri.

- Real Madrid masih sama

image1
Selebrasi skuad Real Madrid untuk gol Karim Benzema ke gawang Rayo Vallecano, La Liga 2021/22 © AP Photo

Kekuatan Madrid musim ini dilandaskan pada pemain-pemain yang sama. Ancelotti masih mengandalkan pemain-pemain inti yang sama seperti era kejayaan Madrid beberapa tahun lalu.

Trio Casemiro-Kroos-Modric masih menjadi inti permainan tim. Karim Benzema juga masih jadi pencetak gol terbaik Madrid.

Artinya, Barca seharusnya sudah sangat mengenal gaya main Madrid. Xavi bisa menyiapkan taktik yang tepat untuk menyerang Madrid di titik lemah mereka.

- Pengalaman Xavi

P

image2
elatih Barcelona Xavi Hernandez. © AP Photo

Barcelona kalah di El Clasico pertama musim ini, tahun 2021 lalu di ajang La Liga. Namun, saat itu mereka masih bermain di bawah bimbingan Ronald Koeman.

Sekarang Barca ditangani Xavi yang mencoba mengembalikan identitas tim. Jadi, gaya main Barca di lapangan seharusnya berbeda.

Selain itu, Xavi sudah sangat berpengalaman dalam menghadapi El Clasico. Dia tahu betul persiapan apa yang dibutuhkan timnya untuk meraih kemenangan.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Bola.net dengan judul "5 Alasan Mengapa Barcelona Wajib Diwaspadai di Supercopa"

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...