Bareskrim Buru Pembuat Foto Editan Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Bareskrim Buru Pembuat Foto Editan Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

Winnetnews.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan Bareskrim Polri tengah mengusut pembuat foto stupa Candi Borobudur yang diedit dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sedang didalami dan profiling oleh Siber," ujar Dedi dalam keterangannya, Selasa (14/6).

Dedi meminta masyarakat untuk lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan sosial. Ia mengingatkan jejak digital dapat membuat sesorang berurusan dengan hukum sebagaimana telah diatur dalam UU ITE.

"Dalam menggunakan medsos harus bijak, menghormati hak-hak orang lain, menjaga toleransi dan persatuan serta kesatuan. Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ITE," kata Dedi.

Sebelumnya, pakar telematika mengunggah foto stupa Candi Borobudur yang diedit dengan wajah Presiden Jokowi. Namun foto yang diunggah di Twitter tersebut telah dihapus lantaran menimbulkan beragam respons dari warganet.

Lewat cuitan terbarunya, Roy Suryo mengungkapkan kronologi foto editan tersebut dapat beredar di media sosial, termasuk akun yang mengunggah pertama kali.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...