Baru Dalam Dunia Backpacker? Yuk Simak 5 Tips Ini

Aldina
Aldina

Baru Dalam Dunia Backpacker? Yuk Simak 5 Tips Ini loop.co.id

WinNetNews.com - Backpacker. Yup, kata ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yaitu kegiatan bepergian dengan melakukan berbagai proses yang dimulai dari itinerary, menentukan seberapa banyak uang yang kita keluarkan, menetapkan transportasi dan destinasi yang sesuai dengan budget.

Melakukan kegiatan traveling bukanlah hal yang mudah. Banyak hal-hal yang harus kita siapkan terlebih dahulu. Bukan hanya barang saja, tetapi kondisi fisik dan mental pun tetap harus kita persiapkan.

image source : loop.co.id

Sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai tempat yang akan dituju. Saat ini di sosial media sudah banyak yang mengunggah mengenai tempat wisata. Kita dapat menontonnya di Youtube untuk melihat bagaimana kondisi lokasi yang akan dikunjungi. Cari tahulah sebanyak-banyaknya agar nanti ketika sedang melakukan traveling kita tidak tersesat dan bingung mengenai tempat tersebut.

Saat ini, sudah banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru. Terlebih lagi aplikasi untuk membeli tiket pesawat maupun kereta semakin banyak. Dalam aplikasi tersebut berlomba-lomba memberikan berbagai promo tiket ataupun paket liburan yang menggiurkan. Dengan adanya promo-promo tersebut dapat membuat kita terpengaruh dan seketika tergoda untuk melakukan liburan.

Sudah banyak hostel yang menawarkan dengan harga yang lebih ramah kantong dibandingkan menginap di hotel. Perbedaannya adalah hostel biasanya hanya mendapatkan fasilitas yang biasa-biasa saja. Ada kamar hostel yang besar tetapi tidak digunakan untuk sendiri. Jadi kamu menggunakan kamar tersebut dengan orang-orang yang belum pernah kamu kenal. Hostel juga menyediakan kamar sendiri, tetapi ukuran kamarnya sangat kecil.

Ketika sedang berlibur, tanpa kita sadari kita banyak membawa barang yang tidak begitu diperlukan. Berikut ini adalah beberapa barang yang wajib kamu bawa saat sedang berlibur

 

  1. Charger / Powerbank



    Yup, di era sekarang ini yang sudah serba digital sangat penting membawa charger untuk mengisi ulang baterai dari kamera ataupun HP yang kamu bawa. Selain charger tentu kamu harus membawa powerbank karena benda ini dapat menjadi penyelamat barang elektronik kamu ketika kesulitan menemukan sumber listrik. Terlebih lagi mengingat dalam HP kita dapat melakukan apapun. Tentunya kita tidak ingin baterai kamera atau HP yang kita bawa habis bukan? Sangat disayangkan ketika kita melakukan traveling');">traveling tetapi tidak kita abadikan momen-momen yang ada.

  2. Travel Adaptor



    Ini dia hal kecil yang sering dilupakan oleh para backpacker. Mengingat kembali pada setiap lokasi kebanyakan memiliki standar colokan listrik yang berbeda-beda lho. Ada yang berbentuk bulat, colok tiga ataupun colok dua. Walaupun hanya bepergian di Indonesia yang memiliki standar colok dua namun, terdapat beberapa kota seperti Batam yang memiliki colokan yang berbentuk colok tiga dengan dua bulat di bawah dan satu pipih di atas. Sebenarnya kita dapat membeli di negara atau kota tersebut, tetapi mengingat kita adalah seorang pendatang kita akan kesulitan untuk mencari tempat membeli travel adaptor. Selain itu jika bepergian ke luar negeri, harga yang ditawarkan pasti juga mahal jika dibandingkan kita membelinya di Indonesia.

  3. Sunblock & Pelembab



    Dalam dunia backpacker, untuk menghindari kulit yang kusam atau sering kita bilang “gosong” pakailah sunblock untuk melindungi kulit. Tanpa kita sadari paparan dari sinar matahari membawa radiasi ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit terbakar, kemerahan, hingga kanker kulit. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan sunblock yang memiliki SPF. Semakin kita berada di tempat yang terik sangat disarankan untuk menggunakan SPF yang semakin tinggi. Kita pun tidak ingin bukan ketika selesai berlibur memiliki kulit yang terbakar? Kebanyakan kita salah saat menggunakan sunblock. Terkadang kita memakai sunblock langsung di bawah sinar matahari, hal ini sangat tidak dianjurkan karena membuat pemakaian sunblock kita sia-sia. Sebaiknya pakailah di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari dan tunggu sekitar 10-15 menit agar sunblock meresap dengan benar ke dalam kulit. Selain itu simpan sunblock di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain sunblock, pelembab juga merupakan hal penting yang harus kamu bawa. Bukan hanya wanita saja yang harus memakai pelembab. Terkadang pria suka malas untuk memakai pelembab, padahal pria pun tetap membutuhkan pelembab. Pelembab seperti aloe vera dapat membantu melembabkan kulit kita dan mengurangi rasa sakit ketika kulit kita terbakar akibat terkena paparan sinar matahari. Tidak hanya di tempat panas, tempat yang memiliki suhu dingin pun juga akan membuat kering kulit kita. Sebaiknya kita mencari tahu dahulu mengenai cuaca dari lokasi yang kita pilih untuk berlibur.
  4. Uang Tunai



    Walaupun sudah banyak tempat wisata yang menerima kartu kredit ataupun debit, tetapi masih banyak yang hanya menerima uang tunai. Ketika membawa uang tunai, kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari mesin ATM ketika tempat tersebut tidak menerima pembayaran melalui kartu. Simpanlah uang tunai secara terpisah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kita dapat memisahkan uang tunai seperti di tas, dompet, backpack atau kantung celana. Selain itu jika bepergian ke luar negeri yang memiliki mata uang berbeda, jangan lupa menukarkan terlebih dahulu di Indonesia. Kita dapat menukar uang di Money Changer dan mencari kurs yang paling murah. Setiap money changer bisa berbeda-beda kurs dari toko satu dengan lainnya.

  5. Perlengkapan Ibadah



    Hal terpenting tetapi sering dilupakan yaitu perlengkapan ibadah. Memang di beberapa tempat menyediakan perlengkapan ibadah. Tetapi, kita tidak bisa menjamin kebersihan dari perlengkapan ibadah tersebut. Terkadang tercium bau yang tidak sedap dan dapat mengganggu ibadah yang sedang kita jalankan. Belum tentu agama yang dianut di suatu kota tersebut sama dengan kepercayaan kita. Perlengkapan ibadah ini tidak bisa disamakan, tergantung dari agama apa yang dipercayai.

Bagaimana, kalian para backpackers? Sudah tahu kan sekarang apa yang harus disiapkan agar liburan tetap menyenangkan dan aman. Apakah barang-barang di atas sudah kamu siapkan? Happy Holiday!!




Ditulis oleh Handini Dwifarhani, Mahasiswi Bina Nusantara

Apa Reaksi Kamu?