Baru Lahir Lima Hari, Bayi Ini Alami Menstruasi

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Baru Lahir Lima Hari, Bayi Ini Alami Menstruasi Ilustrasi, Sumber: Unsplash

Winnetnews.com - Menstruasi memang merupakan siklus bulanan yang selalu terjadi pada seorang perempuan. Namun, rata-rata hal ini mulai dialami oleh anak perempuan diusia remaja.

Namun, hal berbeda terjadi pada seorang bayi asal Hangzhou, provinsi Zhejiang, China yang mengalami menstruasi setelah lima hari dilahirkan.

Dilansir dari World of Buzz, sang ibu yang merasa khawatir dengan kondisi anaknya itu pun, segera membawa buah hatinya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Tetapi sesampainya di rumah sakit, dokter mengatakan kalau kondisi yang sedang dialami oleh bayinya itu dikenal sebagai menstruasi neonatal. Kondisi ini terjadi karena darah dari hormon ibu yang mengalir ke dalam tubuh bayi sejak berada di kandungan hingga lahir.

Meskipun ini merupakan anak keduanya, sang ibu mengaku tetap kaget, lantaran ia sama sekali tidak menyangka anaknya akan mengeluarkan bercak darah mirip darah menstruasi secepat itu.

Dr. Wang, seorang spesialis pertumbuhan dan perkembangan anak di First Hospital of Hangzhou, mengatakan kalau kondisi ini terjadi karena ibu dari anak tersebut mengirimkan hormon esterogen pada janinnya saat di dalam kandungan.

Diketahui, hal ini ternyata umum terjadi pada bayi perempuan yang baru lahir. Selama kehamilan, peningkatan kadar esterogen seorang ibu bisa menstimulasi rahim janin perempuan.

Bahkan, hal ini tidak jarang terjadi pada bayi perempuan untuk mengalami “datang bulan mini” di minggu pertama setelah dilahirkan, karena rahim akan mengeluarkan sedikit darah.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang belum mengetahui fenomena ini. Dr. Wang menjelaskan kalau mestruasi seperti ini terjadi karena sumber esterogen bayi yang diperoleh dari ibu terganggu saat ia dilahirkan.

Saat konsentrasi esterogen bayi menurun tajam, bagian dari lapisan endometrium kemungkinan luruh. Oleh karena itu, sejumlah kecil darah akan dikeluarkan dari vagina bayi perempuan selama sekitar satu minggu setelah ia mengalami “menstruasi mini” pertamanya.

Kondisi ini merupakan keadaan yang normal dan kemungkinan besar baik untuk kesehatan.

Apa Reaksi Kamu?