(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Perhatikan Tips Ini Biar Nggak Bingung

Kontributor 3
Kontributor 3

Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Perhatikan Tips Ini Biar Nggak Bingung
Winnetnews.com – Transportasi pesawat saat ini bukan lagi milik orang-orang berduit sobat winnet. Sekarang ini siapa pun bisa naik pesawat. Yup, harga tiket yang makin murah membuat masyarakat mulai melirik moda transportasi udara tersebut.

Tapi kalo sobat winnet baru pertama kali naik pesawat tentu bakal bingung dengan sistemnya. Mulai dari tempat duduk yang ditentukan sampai sistem check-in. Apalagi jika saat pertama kali naik pesawat, tidak bersama kenalan yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Nah, agar sobat winnet tak mengalami hal tersebut, berikut tips sederhana yang perlu kamu ketahui saat naik pesawat untuk pertama kalinya:

1. Persiapakan tiket dan print

image0

Sebaiknya sobat winnet membeli tiket pesawat melalui online. Setelah membeli tiket, tiket elektronik akan dikirim ke email. Kemudian print (cetak). Namun, jika membeli di agen perjalanan, biasanya pembeli sudah mendapatkan tiket cetak.

Di beberapa bandara, seperti Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, bandara terbagi ke beberapa terminal. Ketahuilah maskapai yang akan kamu naiki naiki ada di terminal berapa. Untuk bisa masuk kita harus mencetak tiket elektronik. Sebab, di saat ramai pengunjung, Anda harus mengantre untuk masuk ke dalam terminal. Ada baiknya Anda sudah siapkan tiket agar tak menghabiskan waktu di antrean hanya untuk mencari-cari tiket di dalam tas.

2. Jangan terlambat

image1

Datanglah ke bandara selambat-lambatnya satu jam sebelum keberangkatan. Lebih cepat lebih baik untuk menghindari antrean saat masuk ke dalam terminal bandara dan juga saat antrean check-in. Lebih baik menunggu di boarding room (ruang tunggu) daripada harus terburu-buru, apalagi sampai tertinggal pesawat.

Beberapa maskapai di Indonesia kini sudah menerapkan check-in secara online yang memudahkan tamu untuk tidak perlu lagi mengantre saat check-in. Namun, tak semua maskapai menyediakan fasilitas ini.

3. Jangan bawa barang berlebihan

image2

Pastikan tas yang kamu bawa tak terlalu banyak. Biasakan membawa tas paling banyak dua tas. Tas kecil untuk menyimpan dompet, telepon genggam, dan sejenisnya. Sedangkan satu lagi adalah tas besar untuk menaruh baju dan sebagainya.

Hal ini akan memudahkan Asaat membawa-bawa tas. Sebab, di bandara kamu harus melewati pengecekan barang. Jika memang bawaan banyak, maka pisahkan barang-barang yang tak terlalu berharga ke tas tersendiri dan masukkan ke dalam bagasi.

4. Segera lakukan check in

image3

check-in di loket yang tersedia. Siapkan KTP dan print tiket saat mengantre untuk check-in tiket. Jika bingung loket mana yang harus kamu datangi, tanya saja pada petugas. Siapkan pula tas yang akan masuk bagasi.

Serahkan KTP dan print-out tiket pesawat ke petugas check-in. Setelah itu, kamu akan mendapatkan selembar boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang tertera di boarding pass.

Untuk bagasi, letakkan tas di timbangan yang berada di sebelah petugas. Nantinya tas akan dilabeli dan kamu akan mendapatkan bukti nomor tas yang masuk bagasi. Jangan hilangkan bukti nomor ini karena akan berguna saat nantinya kamu mengambil tas.

5.Bayar airport tax

image4

Beberapa bandara, untuk airport tax langsung dibayar di counter check-in. Namun ada pula beberapa bandara yang menerapkan loket pembayaran airport tax secara terpisah. Besarnya airport tax berbeda-beda untuk setiap bandara.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});