Basarnas Berubah Nama Jadi BNPP

Basarnas Berubah Nama Jadi BNPP

Rabu, 5 Okt 2016 | 20:24 | Rike

WinNetNews.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menamai Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan guna menggantikan Badan SAR Nasional (Basarnas) lewat Peraturan Presiden No. 83/2016 tentang Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Menurut Perpres No. 83/2016, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan merupakan lembaga pemerintah non-kementerian yang dipimpin kepala dan berada di bawah Presiden, juga bertanggung jawab langsung pada Presiden.

“Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mempunyai tugas menyusun dan menetapkan norma, standar, prosedur, kriteria, persyaratan dan proses perizinan dalam penyelenggaraan pencarian, serta pertolongan,” demikian isi dari Perpres itu dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (5/10/2016).

Lembaga ini pun bertugas memberi pedoman dan pengarahan, juga standarisasi dan kebutuhan dalam penyelenggaraan pencarian dan pertolongan. Lembaga tersebut pun bisa melakukan koordinasi dengan instansi terkait, menyelenggarakan sistem informasi dan komunikasi, juga menyampaikan informasi untuk masyarakat.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ini bertugas melakukan pembinaan, pemantauan, dan evaluasi terkait tugas pokoknya, dan melakukan pemasyarakatan dalam kegiatan pencarian serta pertolongan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...