Batal ke Chile, Ratna Sarumpaet Harus Kembalikan Dana Sponsor

Batal ke Chile, Ratna Sarumpaet Harus Kembalikan Dana Sponsor istimewa

WinNetNews.com - Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Mawardi mengatakan, Ratna Sarumpaet harus mengembalikan dana sponsor yang telah diberikan Pemprov DKI Jakarta untuk menghadiri konferensi internasional di Chile. Sebab, kata dia, Ratna batal berangkat ke acara internasional tersebut.

"Oh iya, kalau tidak jadi berangkat harus dikembalikan (dana sponsornya)," kata Mawardi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Dia menjelaskan, bila dana sponsor telah digunakan Ratna Sarumpaet, harus disertai pertanggungjawaban penggunaan dana sponsor yang telah diterimanya secara terperinci.

Selanjutnya, Mawardi menyebut nanti pihak Biro Administrasi Sekretariat Daerah DKI akan menghitung berapa jumlah uang yang harus dikembalikan Ratna.

"Nanti pasti sehubungan dengan misalnya dia tidak jadi berangkat, maka akan memberikan laporan bahwa tidak jadi berangkat karena suatu hal dan proses lebih lanjut ditangani oleh Biro Administrasi," jelasnya.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet ditangkap polisi di Bandara Soekarno-Hatta ketika hendak bertolak ke Chile. Dari situ Ratna kemudian mengaku keberangkatannya disponsori oleh Pemprov DKI.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro menyatakan, Ratna Sarumpaet, menerima uang sponsor menghadiri konferensi internasional di Chile secara tunai. Total dana yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 70 juta.

"Yang jelas dia dikasih uang cash. Disparbud menolong pendaftaran sana, kita konfirmasiin kapan harus ke sana," kata Asiantoro saat dihubungi di Jakarta. (liputan6com)