Batam bakal pidana pembuang sampah sembarangan

Rike
Rike

Batam bakal pidana pembuang sampah sembarangan
WinNetNews.com - Hati-hati nih yang suka buang sampah sembarangan. Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, akan terapkan sanksi pidana ringan kepada dua warga yang kepergok tim dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan ketika membuang sampah secara sembarangan, Selasa.

"Hari ini, tim kembali ke lapangan. Setidaknya dua orang dikenai tindak pidana ringan," ungkap Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam, Selasa. Seorang warga, PS, kedapatan tengah membuang sampah sembarangan di tempat umum menggunakan becak motor. Ia diduga melanggar Perda No 11 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah Batam pasal 64 ayat 1 huruf a, dengan ancaman denda.Warga lain, Er kedapatan membuang sampah di luar lokasi pembuangan yang sudah ditetapkan, tepatnya di pinggir jalan Tiban Housing Sekupang. Ia mendapat ancaman hukuman denda."Keduanya dijadwalkan mengikuti sidang pada 12 Agustus 2016," terang Ardi.

Hari sebelumnya, Senin (25/7) tim pun melakukan penyisiran di sejumlah tempat guna menegakkan perda, dan mendapati seorang warga, ES membuang sampah di pinggir jalan kawasan Tiban Housing."Tim terus melakukan pemantauan dengan turun ke jalan-jalan," jelas dia.Hingga 26 Juli, 14 orang telah dikenai tidak pidana ringan (tipiring), dengan hukuman denda berbeda-beda tergantung putusan hakim, antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000. Dari catatan Dinas Kebersihan dan Pertamanan, denda yang terkumpul sebesar Rp9.661.000, dari 12 sidang. Sementara dua warga yang terkena tipiring lain belum membayar sanksi. "Kami harapkan, dengan sanksi yang diberikan, menjadi efek jera, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, dan mengelola sampah sesuai dengan aturan," imbuhnya.

Ardi menjelaskan seluruh uang denda yang dibayar pelanggar Perda disetorkan ke kas daerah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});