Batuk! Setelah 10 Hari Belum Hilang Juga, Jangan Terlalu Khawatir

Muchdi
Muchdi

Batuk! Setelah 10 Hari Belum Hilang Juga, Jangan Terlalu Khawatir ilustrasi batuk. ©www.safebee.com

WiniNetNews.com - Datangnya batuk dan pilek pada saat-saat pergantian musim seperti sekarang ini merupakan hal yang cukup lumrah terjadi. Namun jika sudah terjadi selama beberapa hari dan masih belum sembuh juga maka hal ini bakal terus mengganggu aktivitas yang kita lakukan.

Namun sesungguhnya berapa lama harusnya batuk kecil yang muncul ini pergi dengan sendirinya? Atau berapa lama seharusnya batuk yang muncul ini mulai dianggap serius dan mengobatinya ke dokter?

Seperti dikutip dari situs Merdeka dari laman Medical Daily, dikutip Senin (31/12/2018), "Jika batuk yang kamu alami sudah lewat dari 18 hari, maka ini waktunya untuk mengobatinya ke dokter," jelas Benjamin Kaplan, M.D., dokter penyakit dalam dari Orlando Health.

Batuk kronis sendiri ditandai dengan durasinya yaitu sekitar enam hingga delapan minggu yang menjadi indikator perlunya penangan lebih lanjut. Selain melalui lamanya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah gejala ini muncul karena adanya penyakit lain.

Sebagai contoh, penyakit asam lambung dapat menimbulkan munculnya batuk tanpa rasa perih di dada. Penyakit ini dapat menjadi salah satu penyebab batuk terutama jika muncul bau napas tak sedar serta rasa asam di mulut.

Hal lain yang mungkin terjadi seperti diungkap dr. Kenneth Patton dari Bethesda North Hospital, Cincinnati menyebut juga bahwa hal ini mungkin dipicu oleh masalah saluran pernapasan. Masalah seperti mampetnya area pernapasan di hidung dapat menjadi penyebab munculnya batuk ini.

Patton menyebut bahwa pasien yang datang kepadanya mengeluh bahwa napas mereka menjadi pendek dan secara bertahap semakin buruk yang berbeda dari flu yang biasanya muncul tiba-tiba.

"Ketika mereka menghirup napas, rusuk melakukan pekerjaan yang berat. Sehingga tampak urat leher yang menandakan bahwa mereka kesulitan bernapas," jelas dr. Patton.

Jika kamu seorang perokok aktif atau pun pasif, kamu harus perhatikan bahwa asap rokok sendiri dapat memperlama penyembuhanmu. Terdapat pula kemungkinan kanker paru-paru jika batuk tersebut disertai dengan nyeri dada, berat badan yang tiba-tiba berkurang, atau dahak berdarah. Jika semua gejala ini kamu alami, maka segera periksakan diri ke dokter untuk deteksi dini.

Pada kasus lain batuk kronis, dokter bakal menghubungkannya juga dengan asma dan bakal memutuskan untuk melakukan tes fungsi pulmonari. Terdapat juga jenis variasi batuk asma yang lebih sulit didiagnosis.

Hal yang paling penting di sini adalah jangan terlalu khawatir jika batuk belum sembuh juga meski sudah 10 hari. Namun jika memang tampak semakin memburuk maka segera temui dokter. Selain itu juga perlu untuk diperhatikan mengenai gejala lain yang muncul selain batuk tersebut.

Apa Reaksi Kamu?