Bau Asap Rokok yang Menempel Ternyata Bisa Sebabkan Kanker

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Bau Asap Rokok yang Menempel Ternyata Bisa Sebabkan Kanker Asap Rokok (sumber: unsplash)

Winnetnews.com - Kita pasti sering banget mendengar istilah perokok aktif dan perokok pasif. Seperti yang diketahui bahaya dari rokok tidak hanya dirasakan oleh para perokok aktif, namun juga perokok pasif. Bahkan baru-baru ini, terdapat sebuah penemuan orang yang tidak terpapar langsung oleh asap rokok pun, memiliki resiko terkena kanker paru-paru. Mereka disebut dengan istilah third hand smoke.

Temuan cukup mengejutkan ini, didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas California, yang mengatakan bahwa orang yang menghirup asap rokok selama 3 jam, dapat menganggu kesehatan pernapasan. Bahaya yang didapat dari rokok, bukan hanya berasal dari asapnya saja, tapi juga residunya.

Dari waktu ke waktu, residu ini akan terus menumpuk di permukaan benda apapun di sekitar kita, seperti pakaian, sofa, tirai, ataupun tempat tidur. Tanpa disadari, residu asap rokok mungkin saja tidak sengaja terhirup oleh seseorang ketika sedang beraktivitas. Mulai dari ruangan di rumah sampai tempat-tempat umum.

Seperti yang dilaporkan Oriental Daily, komponen beracun yang ditemukan dalam sisa asap tersebut ada lebih dari 10 senyawa yang sangat karsinogenik (zat pemicu kanker), seperti toluena, timah, karbon monoksida, dan butana. Zat-zat ini dapat bertahan selama berjam-jam, berhari-hari bahkan bebulan-bulan, tergantung pada tingkat ventilasi dan polusi.

Istilah thirdhand smoke ini masih cukup asing, karena memang peneliti pun masih mencari tahu lebih tentang resiko yang membayanginya. Asingnya konsep third hand smoke ini yang membuat belum adanya regulasi yang mengatur mengenai urusan ini. Mengenai kawasan dilarang merokok atau area bebas asap rokok, sudah banyak yang menerapkannya. Namun, tidak demikian halnya dengan konsep third hand smoke.

Tim peneliti berharap temuan mereka dapat menyadarkan banyak orang akan residu asap rokok lewat third hand smoke. Setidaknya ada upaya yang lebih komperhensif dengan memeriksa area yang mungkin terpapar zat kimia. Untuk mencegahnya dengan cara sederhana yaitu membersihkan perabotan hingga yang terkecil sekalipun dan harus dicuci dan dibersihkan secara berkala untuk memastikan tidak ada endapan bahan kimia dari aktivitas merokok.

Apa Reaksi Kamu?