Bau Tak Sedap di Belakang Telinga? Ini Penyebab dan Cara Membersihkannya

Bau Tak Sedap di Belakang Telinga? Ini Penyebab dan Cara Membersihkannya Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Kamu pasti pernah kan mencium aroma yang nggak enak di belakang kuping kamu, baunya agak aneh tapi bikin pengen nyium terus (Kalau yang jorok)

Situs WebMD menyebut aroma tidak sedap berbau mirip keju Swiss ini berasal dari lipatan kulit di belakang telinga. Jarang terjamah dan dibersihkan saat mandi, area lipatan kulit di belakang telinga rentan terinfeksi bakteri dan jamur.

"Infeksi jamur atau bakteri lebih sering terjadi pada bagian kulit yang lembab, pada orang dengan kulit berminyak," tulis WebMD.

Nah, bau tidak sedap ini juga bisa disebabkan karena penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum dari telinga.

Penggunaan conditioner, pewarna rambut atau bahkan sampo juga bisa membuat area belakang telinga kotor dan berbau. Hal ini lazim dialami pria dan wanita yang memiliki rambut panjang.

Sebab lain yang bisa memunculkan bau tak sedap di belakang telinga adalah keringat berlebih, luka infeksi di telinga akibat ditindik, hingga daki yang tak pernah dibersihkan.

Meski baunya mengganggu, cara untuk menghilangkannya cukup mudah. Gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke minyak zaitun, lalu usap perlahan bagian belakang telinga.

Cara yang sama juga bisa dilakukan menggunakan kapas ataupun sapu tangan yang bersih. Terakhir, jangan lupa bersihkan area belakang telinga setiap kamu mandi ya.