(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bawa Bantuan untuk Korban Bencana Alam, Bandara Palu Sore Ini Dibuka

Rusmanto
Rusmanto

Bawa Bantuan untuk Korban Bencana Alam, Bandara Palu Sore Ini Dibuka istimewa

WinNetNews.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) bisa dibuka untuk Sabtu sore (29/9/2018). Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang mengguncang Sulteng, Jumat sore (28/9/2018) membuat landasan Bandara Mutiara retak

"Itu kan yang 400 meter retak ya, yang masih bisa digunakan itu yang 2.000 meter. Dipastikan sore ini sudah bisa dibuka untuk komersial, ini nih saya baru dapat fotonya, retaknya sampai segini (lebar)," kata Budi Karya, Sabtu (29/9/2018). 

Menurut Budi jika nanti penerbangan komersil belum bisa dibuka, paling tidak Bandara Mutiara bisa didarati pesawat Hercules yang membawa bantuan untuk korban bencana.

"Setidaknya Hercules bisa mendarat di sana sore ini," ujar dia. 

Sebelumnya Menhub memerintahkan tim AirNav di Makassar, Sulawesi Selatan, berangkat ke Bandara Mutiara membawa peralatan navigasi baru untuk tower air traffic control (ATC). Gempa bumi mengakibatkan tower ATC sehingga Bandara Mutiara ditutup.

Budi menambahkan bantuan sembako hingga obat-obatan juga bisa dikirimkan melalui Balikpapan dan Makassar. 

"Meski Bandara Palu lumpuh, berbagai kebutuhan masih bisa dikirimkan melalui jalur darat. Bisa melalui Balikpapan dan Makassar," kata Budi.

Rencananya Menhub akan mengecek kondisi Bandara Mutiara Sabtu siang ini atau Minggu pagi (30/9/2018). 

"Saya akan langsung memeriksa kondisi bandara disana tentunya memeriksa juga perbaikan persinyalan, siang atau besok pagi saya ke Palu," tutur Budi. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});