Bawa Rokok lebih dari 1 Slop Calon Jemaah Haji Kena Denda 35 Juta

Rani
Rani

Bawa Rokok lebih dari 1 Slop Calon Jemaah Haji Kena Denda 35 Juta

winnetnews.com - Petugas Asrama Haji telah memberikan larangan untuk membawa rokok lebih dari 1 slop bagi calon jemaah haji yang akan menuju ke tanah suci. Ini lantaran pemerintah Arab Saudi telah menetapkan denda sebanyak 10.ooo riyal bagi calon jemaah haji yang kedapatan membawa rokok lebih dari 1 slop.

Tak terkecuali dengan petugas haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Mereka pun telah melarang calon jemaah haji yang akan masuk ke asrama untuk membawa rokok dalam jumlah banyak.

Tak pelak, besarnya denda yang setara dengan 35 juta ruoiah itu membuat sejumlah calon haji yang menyimpan rokok di tas koper dengan jumlah melebihi batas ketentuan kebingungan. Tak ingin kena denda, mereka langsung menghubungi petugas yang mengurusi bagasi di asrama haji.

Para calon haji tersebut bergegas mencari koper miliknya yang sudah ditumpuk rapi petugas bagasi. Setelah itu, mereka membongkar tali yang mengikat erat kopernya untuk dibuka guna mengambil rokok yang jumlahnya berlebih.

Kasubag Humas PPIH Embarkasi Solo, Badrus Salam mengatakan aturan pembatasan membawa rokok dalam jumlah 200 batang atau satu slop mulai diberlakukan pemerintah Arab Saudi pada masa pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Baru tahun ini aturan itu terapkan. Ketika dulu belum ada sanksi aturan itu, para jemaah yang akan berangkat haji membawa rokok dalam jumlah banyak. Tetapi kini pada ketakutan," kata dia ketika ditemui di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa, 1 Agustus 2017.

Ketentuan tersebut, dijelaskan Badrus, telah disampaikan kepada jemaah haji yang masuk ke asrama. "Ya jumlah sebanyak 200 batang itu setara dengan satu slop rokok. Jadi di atas jumlah itu tidak diperbolehkan," ujarnya.

Dengan adanya aturan itu, menurut Badrus, jemaah haji tampak kaget. Lantas, mereka langsung memberitahukan kepada petugas jika jumlah rokok yang dibawa melebihi aturan tersebut. Tas koper yang berisi rokok itu pun langsung dibongkar untuk mengurangi jumlah bawaan rokoknya.

"Kemarin kami melihat ada beberapa (anggota) jemaah yang ketakutan dan cepat-cepat melapor petugas untuk mengambil kelebihan jumlah rokoknya di koper bagasi," ujarnya.

Menurut dia, jika calon haji tetap nekat membawa rokok dengan jumlah banyak, sanksi denda sebesar 10.000 riyal akan dikenakan kepada pelanggar aturan tersebut. "Rokok boleh membawa, tetapi hanya satu slop. Jika lebih, siap-siap kena denda yang jumlah jika dirupiahkan setara Rp 35 juta. Jumlah itu sama dengan satu kali biaya naik haji," ia menjelaskan.

Apa Reaksi Kamu?