Bawang Putih untuk Obat Sakit Gigi? Ini Caranya
ilustrasi

Bawang Putih untuk Obat Sakit Gigi? Ini Caranya

Jumat, 17 Apr 2020 | 12:12 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sakit gigi tentu sangat menyiksa. Ada banyak obat alami yang berkhasiat dan bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, salah satunya bawang putih. Mengapa bawang jenis ini bisa menjadi obat sakit gigi? Bagaimana caranya?

Alasan bawang putih bisa menjadi obat sakit gigi

Penyebab sakit gigi bisa bisa beragam, antara lain kerusakan pada gigi, gigi berlubang, gusi yang terinfeksi, akibat sering menggeretakkan gigi, atau membersihkan gigi terlalu agresif.

Dilansir WebMd, gejala yang dirasakan saat sakit gigi, yaitu nyeri pada gigi yang berdenyut dan konstan. Bahkan, gejala lainnya pun bisa muncul karena sakit gigi, seperti pembengkakan di sekitar gigi, demam, atau sakit kepala.

Umumnya saat sakit gigi, orang akan langsung mendatangi dokter gigi karena tidak tahan dengan rasa nyeri atau gejala lain yang ditimbulkan. Namun, sebelum pergi ke dokter, Anda bisa menggunakan obat-obatan alami yang mudah ditemukan di rumah, seperti bawang putih. Bawang jenis ini putih telah digunakan sebagai bahan untuk obat selama bertahun-tahun.

Di dalam bawang putih, terdapat senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba. Dengan senyawa tersebut, bawang putih dapat membunuh kuman di dalam gigi yang menyebabkan munculnya rasa sakit. Bakteri ini pulalah yang bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Kandungan allicin tidak ditemukan dalam bawang putih utuh. Anda perlu memotong, mengiris, menghancurkan, atau mengunyah bawang putih untuk mendapatkan manfaat allicin sebagai obat sakit gigi.

Senyawa allicin pun hanya muncul dalam waktu singkat. Jadi bawang putih yang Anda hancurkan harus segera digunakan untuk gigi Anda. Jangan disimpan untuk waktu lainnya karena ini hanya akan sia-sia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...