Bayar Menu KFC di Negara Ini Cuma Pakai Wajah!

Bayar Menu KFC di Negara Ini Cuma Pakai Wajah! Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Kalau di Indonesia, kita membayar makanan di KFC dengan tunai atau mengunakan kartu debit. Tapi kalau di China, kamu bayar makanan di KFC hanya dengan wajahmu.

Ant Financial, afiliasi e-commerce raksasa China, Alibaba (BABA, Tech30), meluncurkan layanan baru di kota timur Hangzhou. Ini adalah contoh terbaru dari meningkatnya penggunaan pengenalan wajah oleh bisnis dan agen pemerintah di negara berpenduduk paling banyak di dunia.

Pengunjung di restoran KFC di China yang dikenal sebagai KPro, memesan di kasir, yang kemudian memindai wajah mereka. Jika cocok dengan gambar pada ID foto yang tersimpan dalam sistem, pelanggan hanya harus memasukkan nomor telepon mereka dan pembayarannya berhasil. (Makanan mereka masih dilayani oleh manusia biasa.)

Sistem ini didasarkan pada platform pembayaran digital Ant Financial Alipay, yang memiliki lebih dari setengah miliar pengguna di seluruh dunia dan telah memungkinkan orang masuk ke aplikasi China-nya menggunakan wajah mereka.

Ant mengatakan restoran KFC adalah toko fisik pertama di dunia yang menggunakan perangkat lunak pengenal wajah untuk melakukan pembayaran.

image0