Bayi yang Lahir dengan Caesar Mudah Sakit?
ilustrasi

Bayi yang Lahir dengan Caesar Mudah Sakit?

Rabu, 13 Jan 2021 | 12:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Persalinan dengan metode caesar (sesar) sudah semakin umum dan banyak dilakukan para Ibu. Banyak alasan atau penyebab persalinan caesar, mulai dari kondisi medis maupun pilihan Ibu sendiri. Di sisi lain, bayi yang lahir melalui persalinan caesar juga mungkin mengalami gangguan kesehatan. Jadi, apa saja dampak persalinan caesar dari sisi si Kecil? Simak ulasannya berikut.

Pengaruh persalinan caesar pada sistem imun anak

Berdasarkan beberapa pengalaman Ibu yang telah menjalani persalinan caesar, terdapat dampak yang dirasakan oleh si kecil, yaitu cenderung lebih gampang sakit dan memiliki alergi.

Sebuah penelitian tahun 2012 membahas tentang perbandingan persalinan normal dan caesar serta dampaknya pada anak. Penelitian ini menyatakan bahwa selama proses caesar, anak tidak terpapar bakteri baik pada jalur lahir ibu sehingga menyebabkan kurangnya pemberian bakteri penting dari sang Ibu.

Bakteri yang dimaksud ternyata berperan penting bagi sistem imun anak. Oleh karena itu, anak yang lahir caesar dikatakan memiliki kemungkinan besar lebih rentan sakit. Bahkan si kecil bisa mengalami alergi karena sistem imunnya tidak sebaik anak lahir normal.

Anak lahir caesar tetap bisa memiliki sistem imun normal

Masih dari penelitian yang sama (Neu & Rushing, 2012), disebutkan juga bahwa bakteri baik dalam usus anak bisa dipengaruhi oleh pemberian ASI. Dengan kata lain, ASI perlu segera diberikan setelah proses persalinan caesar untuk membantu menambah bakteri baik dalam usus si kecil.

Selain itu, dilansir dari laman La Leche League International, menyusui setelah operasi caesar merupakan salah satu cara agar Ibu lebih dekat dengan si kecil.

Ibu mungkin mengalami kesulitan dalam pemberian ASI setelah proses caesar, tetapi usahakan agar si kecil mendapat asupan ASI dengan meminta bantuan dari petugas kesehatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...