(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bearing: Tiga Faktor yang Membuat Cepat Rusak

Muchdi
Muchdi

Bearing: Tiga Faktor yang Membuat Cepat Rusak

WinNetNews.com - Berkendara menjadi kurang nyaman apa bila bearingnya rusak. Jadi harus benar-benar diperhatikan faktor apa yang bisa membuatnya rusak. Paling tidak bisa membuat usia pakai jadi lebih lama.

Ada beberapa faktor yang membuat bearing cepat mengalami kerusakan. Pertama, yaitu disebabkan oleh air yang masuk ke bearing. Sehingga membuatnya cepat berkarat dan keropos, ujar Budi Nugroho, Kepala Mekanik Honda Palmerah Motor.

Budi, menjelaskan di lansir dari Otomania,Jakarta,Sabtu,(14/11/2015) "Masuknya air bisa karena kebanjiran atau akibat cuci steam. Kalau steam memang cipratannya kencang dan kadang ada yang masuk ke dalam. Sebenarnya kalau dicuci normal akan aman. Namun, kalau di Indonesia orang mencuci inginnya praktis, makanya mengunakannya steam."

”memang dasarnya jika air bertemu dengan metal, tidak semua metal tahan karat. Air yang tersimpan di beraing, lambat-laun akan teroksidasi dengan udara, ujungnya karat jadi muncul,” ujar budi.

 

Faktor lain yang bisa membuat bearing rusak, adalah sering melewati kondisi jalan yang tidak halus, disertai dengan cara berkendara yang kasar.

"Penyebab terakhir kerusakan bearing disebabkan oleh beban kendaraan yang berlebihan. Jika ketiga penyebab tersebut bisa diminimalisir atau bahkan bisa dijauhi, maka usia bearing akan tahan lama," ujar Budi.

Jangan abaikan permasalahan sekecil apapun pada motor Anda, sebisa mungkin cek motor Anda jika Anda sudah merasa ada yang tidak enak / nyaman saat Anda memakai / mengendarai sepeda motor Anda. Karena hal ini mungkin bisa menyelamatkan jiwa Anda dan orang lain.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});