Beban Puncak Listrik Jawa-Bali Cetak Rekor Lagi Akibat Konsumsi AC

Beban Puncak Listrik Jawa-Bali Cetak Rekor Lagi Akibat Konsumsi AC

WinNetNews.com - Pada Kamis (5/11/2015), beban puncak listrik di sistem kelistrikan Jawa-Bali menembus rekor tertinggi, yaitu 24.258 megawatt (MW). Ini terjadi pada pukul 18.00 WIB.

Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero), Bambang Dwiyanto, mengatakan pada Rabu sehari sebelumnya, beban puncak listrik di Jawa-Bali juga sentuh rekor yaitu 24.058 MW. Ini terjadi pada pukul 18.00 WIB.

"Pertumbuhan beban puncak listrik menandakan semakin tingginya pemakaian listrik oleh konsumen, termasuk konsumen industri. Jumlah pelanggan juga terus bertambah. Penambahan jumlah pelanggan hingga triwulan III-2015 mencapai 2,8 juta, setara dengan penambahan daya tersambung sebesar 4.858 Mega Volt Ampere (MVA)," tutur Bambang dalam keterangannya, Sabtu (7/11/2015).

Kenaikan beban listrik diprediksi di antaranya juga karena faktor cuaca. Selama beberapa hari terakhir memang kondisi cuaca sangat panas, sehingga memicu orang untuk menyalakan pendingin udara (AC) lebih lama. Dalam rumah tangga AC memang mengkonsumsi listrik paling besar dibanding alat-alat elektronik lainnya.

PLN juga mengimbau agar pelanggan lebih peduli dan bijak dalam menggunakan listrik, terutama untuk pemakaian yang bersifat konsumtif. Hal ini bisa dilakukan dengan mematikan alat-alat elektronik, seperti televisi, radio, dan Air Conditioner (AC) yang sedang tidak digunakan. Bijak menggunakan listrik akan menekan pemakaian dan menghemat tagihan listrik.

disadur dari detik