Bebas Visa Kunjungan, Wisman Serbu Banyuwangi

Bebas Visa Kunjungan, Wisman Serbu Banyuwangi

Kamis, 18 Agt 2016 | 09:24 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Dampak positif dari kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) yang diberikan Kementerian Pariwisata RI kepada 169 negara mulai terlihat. Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang merasakan dampak positif tersebut, kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di Kabupaten Banyuwangi meningkat. 

Menurut MY Bramuda, Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara terus mengalami peningkatan yang signifikan. Terlebih lagi, pasca terminal Bandara Blimbingsari resmi dioperasikan pada Maret lalu.

“Akhir 2015 kemarin, total kunjungan wisatawan lokal melebihi target hingga 1,7 juta wisatawan. Tahun ini kami menargetkan 2 juta wisatawan,” tutur MY Bramuda, Jakarta, Kamis (18/8).

Ia menambakan, kebijakan bebas visa yang diberikan oleh Kemenpar juga berperan penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Pada akhir 2015 lalu, lebih dari 40 ribu wisman telah mengunjungi Banyuwangi.

Hal tersebut dibantu oleh event-event menarik seperti Tour de Ijen yang telah dilangsungkan pada Mei lalu. Bram juga menjelaskan, wisman yang datang ke Banyuwangi kebanyakan berasal dari Benua Eropa. “Kebanyakan memang dari Eropa. Mereka senang trekking dan mendaki gunung. Tapi belakangan, wisman dari Asia juga sudah mulai memadati objek-objek wisata disini,” tutupnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...